Dibanding Pria, Wanita Asia Pasifik Lebih Sering Berlibur

Senin, 30 Sep 2019 | 16.00 WIB

Dibanding Pria, Wanita Asia Pasifik Lebih Sering Berlibur

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Secara global, pria lebih banyak bepergian ke luar negeri (83%) dibandingkan wanita (81%). Namun, wisatawan Indonesia mematahkan tren ini, dengan wanita lebih banyak bepergian dan pernah mengunjungi sedikitnya satu negara (72%) dibandingkan pria (65%). 

Hal itu terungkap - berdasarkan “Well Traveled Survey.” Survei ini diadakan oleh Agoda.com dan dilakukan oleh YouGov, pada bulan Juni 2019 kepada partisipan berusia 18 tahun ke atas di 11 pasar: Australia (AU), Cina (CN), Indonesia (ID), Jepang (JP), Kerajaan Arab Saudi (KAS), Malaysia (MY), Thailand (TH), Uni Emirat Arab (UEA), Inggris (UK), Amerika Serikat (AS), dan Vietnam (VN). 
 
“Well Traveled Survey” Agoda mengungkapkan perbandingan tren perjalanan berdasarkan gender dan usia, untuk negara-negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Inggris, dan Amerika Serikat, dalam rangka Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada 27 September.    

“Apakah untuk refleksi diri atau sekadar istirahat sejenak di bawah cahaya matahari setelah bekerja setahun penuh, sudah jelas bahwa orang dari segala usia dan gender, suka bepergian,” ujar Timothy Hughes, Vice President of Corporate Development di Agoda. 

Menurut survei tersebut  wanita Indonesia lebih mungkin melakukan setidaknya satu perjalanan ke negara lain ketimbang pria (72% banding 65%).   Di kawasan Asia - hal yang sama juga terjadi di Malaysia. Menurut survei - pria di Malaysia lebih banyak yang belum pernah ke luar negeri (15%) dibandingkan wanita (13%). 

Sebanyak 59% wanita Malaysia pernah mengunjungi 1-5 negara, sementara hanya 57% pria yang pernah melakukan hal yang sama. Namun, persentase yang sama ditunjukkan antara pria dan wanita yang pernah ke 6 negara atau lebih (28%).  

Sementara Di China, kaum hawa juga lebih banyak bepergian dibandingkan pria (66% versus 64%). Di Thailand sendiri, 6 persen wanitanya pernah ke 11-20 negara, sedangkan hanya 4% pria yang pernah melakukannya. 

Secara keseluruhan, 19% wanita pernah pergi ke luar negeri, dibandingkan pria sebesar 17%.  Hanya Amerika Serikat, Vietnam, dan Indonesia yang menunjukkan perbedaan signifikan dalam jumlah wisatawan pria dan wanita.  66% wanita versus 76% pria di Amerika Serikat pernah pergi ke luar negeri sedikitnya satu kali, dan 67% wanita versus 74% pria di Vietnam.   by