Sehat, Wali Kota Tancap Gas Layani Lemhanas

Jumat, 05 Jul 2019 | 23.59 WIB

Sehat, Wali Kota Tancap Gas Layani Lemhanas

Wali Kota Risma saat menerima kunjungan dari Lemhanas. (WIndhi/Centroone)



Centroone.com - Etos kerja Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini patut diacungi jempol. Setelah beberapa hari terbaring di RSU dr Soetomo, wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan tak mau berdiam diri. Baru dua hari keluar dari rumah sakit, Rabu (3/7/2019), dia sudah tancap gas untuk bekerja.

Kemarin, Jumat (5/7/2019), wali kota sudah kerja menandatangani surat-surat penting dan langsung menghadiri dua acara sekaligus. Dua acara yang dihadiri Wali Kota Risma itu adalah menerima kunjungan tamu dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia dan menerima tamu dari jajaran Kementerian Keuangan untuk menerima hibah bangunan.

Wali Kota Risma menerima kunjungan dari Lemhanas di ruang sidang wali kota di Balai Kota Surabaya. Kunjungan itu dalam rangka Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIX tahun 2019. Rombongan dari Lemhanas sebanyak 25 peserta, yaitu dari TNI 10 orang, Polri lima orang, ASN lima orang, dua orang dari organisasi masyarakat serta dua orang dari Malaysia dan Timur Leste. Kunjungan kali ini untuk melihat dan mempelajari kesuksesan Surabaya dalam membangun kotanya.

Risma menjelaskan detail tentang perkembangan dan pembangunan Kota Surabaya. Dalam membangun Surabaya, pihaknya selalu mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki Pemkot Surabaya. “Semua kita pikirkan sendiri, tidak menggunakan konsultan agar hemat. Mereka yang berada di pemkot ini diambil dari latar belakang pendidikan yang terkait, kemudian kita mengoptimalkan kemampuan itu menjadi tataran di titik pelaksanaan,” kata Wali Kota Risma.

Wali Kota Risma juga menjelaskan, bahwa ada puluhan program yang dimiliki Pemkot Surabaya dalam hal ini terkait pembangunan fisik maupun non fisik. Tujuannya akhirnya hanya untuk menciptakan keamanan dan menghapus kesenjangan sosial antar warga Kota Surabaya. “Program-program tersebut diciptakan agar masyarakat lebih sejahtera lagi, itu yang paling penting,” ujarnya.

Sementara Ketua Rombongan Irjen Sam Budigusdian menyampaikan, kunjungan kali ini merupakan kunjungan yang luar biasa dan tidak bisa didapat dari kota-kota lain. Apalagi, kota ini telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan, sehingga berbagai alasan itulah yang membuat Lemhannas berkunjung ke Surabaya.

“Kita mendapat inspirasi yang sangat luar biasa dari seorang Tri Rismaharini, perempuan Indonesia yang tidak hanya dalam tataran retorika, tapi kerja nyata yang sangat luar biasa, sehingga bisa mewujudkan Surabaya yang sekarang ini dan bisa menjadikan kota ini menjadi kota yang disegani di seluruh dunia,” kata Sam.

Sam juga menjelaskan, setelah mendengarkan penjelasan dari Wali Kota Risma, ternyata masih banyak lagi program-program lain yang menginspirasi dan perlu dipelajari dari Surabaya. Termasuk belajar tentang pemerintahan yang terintegrasi. “Dalam bahasa kami, ini demi mewujudkan ketahanan nasional,” tegasnya. (windhi/by)