Kegagalan Ini Jadi Penyesalan Besar Bill Gates

Jumat, 05 Jul 2019 | 18.00 WIB

Kegagalan Ini Jadi Penyesalan Besar Bill Gates

Bill Gates (Microsoft)



Centroone.com - Di dunia komputasi, Microsoft adalah nama besar yang sulit tergantikan. Bersama dengan Windows, Microsoft jadi penguasa sektor komputasi. 

Windows saat ini masih tercatat sebagai salah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia untuk komputer dan laptop. Meski menguasai sektor komputer dan laptop, untuk urusan sistem operasi mobile Microsoft justru kebalikannya. Windows Mobile gagal berkembang dan Android masih jadi raja. 

Hal tersebut rupanya disesali oleh Bill Gates, mantan bos serta pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya dunia.  Hadir di acara Village Global bulan lalu - Menurut Gates di pasar perangkat lunak, hanya ada satu tempat untuk sistem operasi yang tidak diproduksi oleh Apple. Microsoft gagal menghasilkan sistem operasi kedua ini dan tempat itu dipegang Google melalui Android.   Karena kesalahan ini, Microsoft gagal mendominasi sistem operasi seluler. 

Gates menambahkan bahwa jika sektor sistem operasi mobile dipegang Microsoft, nilai pasar sebesar USD 400 miliar yang dipegang  Google di dunia smartphoen akan dipegang oleh Microsoft."Ada ruang untuk satu sistem operasi non-Apple.Itu hal yang wajar bagi Microsoft untuk menang. Benar-benar pemenang yang mengambil semuanya.  " tambah Bill Gates seperti dilansir dari The Verge. 

Kesalahan yang diungkapkan Bill Gates sebenarnya bukan kesalahan dirinya seorang - karena Bill Gates mundur dari jabatan CEO pada tahun 2000. Sejumlah pengamat sendiri menyebut "kekalahan" Microsoft pada sektor mobile ada pada mantan CEO Microsoft Steve Ballmer - yang pernah mentertawakan iPhone karena terlalu mahal.  by