Mahasiswa Hafidz Dapat Penghargaan Dari ITS

Senin, 10 Jun 2019 | 21.00 WIB

Mahasiswa Hafidz Dapat Penghargaan Dari ITS

Rektor ITS memberikan penghargaan kepada perwakilan hafidz.(windhi/centroone)


Centroone.com - Hari kerja pertama setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dimanfaatkan sivitas akademika ITS Surabaya menggelar silaturahmi dan halal bihalal di Graha Sepuluh Nopember ITS, Senin (10/6/2019). Untuk memberikan siraman rohani, dihadirkan penceramah kondang Ustadz H Muhammad Nur Maulana atau yang biasa dikenal dengan panggilan Ustadz Maulana.


Acara yang dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan (karyawan) ITS ini menjadi ajang saling bertemu kembali dan bermaaf-maafan. Acara rutin tiap tahun ini terasa lebih spesial dari sebelumnya, karena adanya suguhan ceramah agama dari Ustadz Maulana yang mampu menghidupkan suasana guyub.


Ustadz yang dikenal humoris ini sangat mengapresiasi diadakannya halal bihalal dalam lingkup perguruan tinggi. Menurutnya, silaturahmi sangatlah penting untuk dijaga. Bahkan budaya silaturahmi sudah dari dulu ada dan berkembang di masyarakat Indonesia pada momen Idul Fitri. "Hal itu dapat terlihat dari fenomena mudik lebaran yang setiap tahun selalu ada dan ramai diberitakan," cerita ustadz asal Makassar ini.


Dia juga menjelaskan, ada empat dosa yang tidak diampuni selama bulan Ramadan. Pertama adalah mengonsumsi makanan dan minuman haram dengan sengaja, anak yang durhaka pada orang tua, orang yang menyimpan dendam dan orang yang memutus tali silaturahmi. “Maka dari itu adanya momen halal bihalal ini menjadi langkah untuk mengikat lagi tali silaturahmi dengan sesama,” pesan Ustadz Maulana.


Pada kesempatan itu juga dilakukan pemberian penghargaan kepada 23 mahasiswa ITS penghafal Alquran atau hafidz. Penghargaan diberikan langsung secara simbolis oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng kepada 10 perwakilan hafidz. Selama Ramadan ini, para mahasiswa penghafal Alquran tersebut juga sudah menjadi imam salat tarawih dan salat malam yang rutin diadakan di Masjid Manarul Ilmi ITS.


Rektor yang akrab disapa Ashari ini mengungkapkan, dengan diberikannya penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih memotivasi mahasiswa lain untuk menghafal dan mencintai Alquran. Dia juga mengatakan, para penghafal Alquran ini menunjukkan bahwa ITS juga berkontribusi menciptakan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa. “Ke depannya kami (ITS, red) juga pasti memberikan penghargaan kepada mahasiswa penghafal Alquran selanjutnya setiap tahunnya,” tandasnya.


Guru besar Teknik Elektro ini juga berharap gelaran halal bihalal sivitas akademika ITS ini bisa memberikan banyak manfaat bagi semua. “Acara ini diharapkan tidak hanya jadi momen silaturahmi tapi juga untuk menuntut ilmu agama,” ujarnya. (windhi/by)