Kerjasama AMD-Samsung, Hadirkan Teknologi Radeon di Exynos

Minggu, 09 Jun 2019 | 13.00 WIB

Kerjasama AMD-Samsung, Hadirkan Teknologi Radeon di Exynos

Ilustrasi AMD-Samsung (AnandTech)


Centroone.com - Samsung dan AMD membuat sebuah pengumuman mengejutkan.  Kedepan, , AMD akan melisensikan teknologi grafis Radeon untuk digunakan pada smartphone dan aplikasi mobile Samsung.

Dengan kerjasama ini - prosessor Exynos Samsung bakal mengusung teknologi grafis dari AMD Radeon.  Tidak hanya di smartphone tapi juga perangkat mobile lain dari Samsung.

Teknologi AMD Radeon sendiri sebelumn ini dapat ditemukan di PC, konsol game dan platform cloud. Bahkan, beberapa saat lalu -  AMD juga mengumumkan dukungan RDNA yang menghadirkan kekuatan grafis yang lebih kuat. 

"Adopsi teknologi grafis Radeon kami di seluruh PC, konsol game, cloud,  HPC telah tumbuh secara signifikan dan kami sangat senang sekarang bermitra dengan pemimpin industri Samsung untuk mempercepat inovasi grafis di pasar ponsel. Kemitraan strategis ini akan memperluas jangkauan kami grafis Radeon kinerja tinggi ke pasar ponsel, secara signifikan memperluas basis pengguna Radeon dan ekosistem pengembangan. " tukas Presiden dan CEO AMD Dr. Lisa Su. 

AMD sendiri masih punya pekerjaan rumah.  Radeon dibangun untuk prosesor PC 15W - 65W. Untuk menyesuaikan dengan teknologi Samsung, AMD harus mengurangi daya hingga di bawah 5W, namun mempertahankan tingkat kinerja yang tinggi.  

Apapun itu, ini adalah salah satu cara AMD untuk kembali ke sektor smartphone. AMD sebelumnya pernah menjual bisnis gambar Imageon ke Qualcomm pada 2009.  by