Apple Punya "Sign In With Apple", Apa Istimewanya?

Jumat, 07 Jun 2019 | 12.00 WIB

Apple Punya

ilustrasi Sign In With Apple (Apple)


Centroone.com - Melihat fitur "Sign In With Google" atau " "Sign In With Google" dan " "Sign In With Twitter" adalah hal lumrah di sejumlah aplikasi dan juga layanan web. 

Layanan tersebut terutama  "Sign In With Google" sangat memudahkan bagi para pengguna Android. Layanan serupa turut diperkenalkan Apple dalam event WWDC 2019, yang disebut sebagai fitur "Sign In With Apple" 

Fitur "Sign In With Apple" memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikannya ke dalam aplikasi mereka - sementara untuk pengguna, ini memberikan lebih banyak kemudahan dan kontrol privasi. Apple mengatakan dengan integrasi ini, pengguna juga dapat menggunakan fitur Face ID di iPhone untuk masuk dan mengamankan aplikasi serta layanan web. 

Selain itu - lewat "Sign In With Apple"  pengguna yang mendaftar untuk suatu layanan, dapat menyembunyikan email asli mereka dan sebaliknya mengarahkan setiap aplikasi ke alamat email pengalihan yang berbeda yang dioperasikan oleh Apple. Dengan pengalihan berbeda untuk setiap aplikasi, akan jauh lebih sulit bagi pihak ketiga untuk menghubungkan informasi dengan membandingkan email. Dan ketika pengguna ingin memutuskan hubungan dengan suatu aplikasi, maka layanan akan memutuskan koneksi sepenuhnya.

Menurut Kepala Divisi Perangkat Lunak Apple, Craig Federighi layanan "Sign In With Apple"  berbeda dengan pesaing mereka di mana Google dan Facebook menggunakan layanan itu untuk menautkan pengguna ke profil periklanan yang lebih luas, layanan Apple dirancang untuk hanya meminta data minimum yang diperlukan.

Dengan Apple kedepan sudah menyiapkan banyak layanan mulai dari TV, musik, game dan bahkan kartu kredit - Layanan "Sign In With Apple" bakal lebih memudahkan.  by