Abadikan Momen Idul Fitri Bermodal Kamera Ponsel? Perhatikan 5 Tips ini!

Jumat, 07 Jun 2019 | 21.00 WIB

Abadikan Momen Idul Fitri Bermodal Kamera Ponsel? Perhatikan 5 Tips ini!

Ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Idul Fitri dan lebaran identik dengan acara kumpul keluarga dan kerabat. Tentu saja tak akan lengkap acara kumpul keluarga tanpa diabadikan lewat foto.   Apalagi untuk smartphone premium , ada banyak fitur pada kamera yang membantu mengabadikan momen lebaran. 

Memotret dengan smartphone memang lebih mudah, tapi jangan salah jika tidak teliti hasil foto bisa berantakan. Bagi yang menjadikan smartphone perangkat utama untuk memotret , bisa mengikuti 5 tips ini untuk mendapatkan hasil foto terbaik 

1. Manfaatkan fokus manual. Terlihat sepele tapi memiliki manfaat besar. Dengab menggunakan fokus manual, dapat menentukan objek yang jadi fokus dengan lebih tepat. Foto pun jadi lebih baik. 

2. Pegang ponsel menggunakan kedua tangan. Sebagian besar orang menggunakan satu tangan saat memotret dengan smartphone. Memegang dengan satu tangan dapat menyebabkan gambar bergoyang dan tidak jelas. Menggunakan  kedua tangan untuk memegang membuat ponsel lebih stabil dan foto aman dari blur. 

3. Perhatikan Pencahayaan. Sebelum memotret, pastikan pencahayaan yang cukup dan tepat. Hindari objek membelakangi sinar matahari karena bisa menimbulkan backlight yang membuat foto terlihat gelap dan suram.

4. Hindari memakai zoom. Zoom jadi senjata utama saat memotret dengan jarak agak jauh. Namun zoom pada smartphone berbeda dengan zoom pada kamera DSLR dan sejenisnya. Terkadang saat zoom dilakukan di kamera smartphone, hasil foto justru pecah. 

5. Selalu bersihkan lensa kamera. Kebersihan lensa juga berkontribusi pada kualitas foto.  Pastikan memeriksa dan membersihkan lensa kamera dari debu  sebelum memotret. By