5 Kuliner Khas Idul Fitri Dari Berbagai Negara

Kamis, 06 Jun 2019 | 06.00 WIB

5 Kuliner Khas Idul Fitri Dari Berbagai Negara

Kulhi Boakibaa (IST)


Centroone.com - Idul Fitri adalah hari besar yang paling dinantikan umat muslim seluruh dunia. Setelah sebulan menahan puasa dan hawa nafsu, umat muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan mereka. Saat Idul Fitri, di rumah-rumah disajikan beberapa hidangan istimewa. Mulai dari bermacam kue kering sampai sajian khas Lebaran di Indonesia, yaitu opor ayam dan Ketupat. Di negara-negara lain, sajian masakan khas saat Idul Fitri ternyata juga beragam. Berikut lima diantaranya.

1. Gulha dan Kulhi Boakibaa Dari Maladewa. Sebagai negara kepulauan, makanan khas Maladewa banyak yang terbuat dari bahan laut.  Salah satunya gulha dan kulhi boakibaa. Gulha adalah cemilan berbentuk bola-bola yang berasal dari olahan ikan, hampir mirip dengan bakso. Sementara kulhi boakibaa adalah hidangan utama yang terbuat dari nasi dan ikan tuna.

2. Mie La Mia China.  Walaupun minoritas, umat muslim China tetap merayakan lebaran dengan meriah.    Saat merayakan Lebaran, umat muslim di Cina sebenarnya tidak memiliki menu lebaran khusus karena Hari Raya Idul Adha dirayakan lebih meriah. Namun ada satu santapan halal yang biasa dimakan, yaitu sup mie la mian.

3. Baklava Ala Turki. Lebaran di Turki identik dengan sajian berbahan dasar, tepung atau pastry. Bertekstur berlapis dengan isi potongan kacang serta siraman sirup madu diatasnya nama kue lezat ini adalah Baklava.

4. Sajian Kuno Kahka Mesir. Di Mesir hidangan khas Lebaran punya sejarah panjang. Disebut-sebut pertama kali ditemukan pada  Mesir kuno sekitar tahun 1540-1307 SM, Kahk merupakan hidangan yang ditunggu saat lebaran. Kahk sendiri adalah kue bulat berisi kacang dan bertabut gula tepung dengan kalori rendah. Kandungan karbohidrat dan protein di dalamnya juga baik untuk tubuh.

5. Kurma Susu Pakistan  : Kurma memang sajian khas saat Ramadhan tiba. Namun di Pakistan berbeda. Kurma tidak hanya untuk buka puasa, tapi juga diolah kurma menjadi olahan berbentuk puding. Sheer Kurma mengandung arti kurma dengan susu dalam bahasa Urdu merupakan puding yang dibuat dengan menggunakan vermicelli noodles. bbs