Rekapitulasi Pamekasan Diwarnai Protes Pencurian Suara

Kamis, 09 Mei 2019 | 23.32 WIB

Rekapitulasi Pamekasan Diwarnai Protes Pencurian Suara

Rapat pleno rekapitulasi KPU Sampang yang digelar KPU Jatim di Hotel Singgasana. (WIndhi/Centroone)


Centroone.com - Rapat pleno terbuka KPU Jatim terkait rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019, Kamis (9/5/2019) malam di Hotel Singgasana, diwarnai aksi protes kehilangan suara. Beberapa koordinator saksi dari beberapa partai menyampaikan hal tersebut, akibatnya rapat tersebut dipending beberapa saat.

Protes pertama disampaikan Reville Antonio dari Partai Demokrat Jatim. Saat itu, rekapitulasi KPU Pamekasan membacakan hasilnya, namun Renville menyampaikan protes itu. Menurutnya, suara partainya 'dicuri' di Kecamatan Batu Marmar dan Kecamatan Waru. Ribuan suara partainya dicuri.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam awalnya menanggapi tentang kenapa protes itu tak disampaikan saat rekapitulasi di KPU Pamekasan. Namun protes yang sama bermunculan dari partai lain. Silih berganti protes tersebut disampaikan dalam rapat pleno terbuka tersebut.

Akhirnya KPU Jatim memutuskan kepada para pemrotes untuk menunjukan dokumen sebagai buktinya. Pihak tersebut diminta menunjukan dokumen DA1 dan DB1 untuk dibandingkan dengan rekapitulasi KPU setempat. Dari situ diharapkan agar bisa menemukan fakta dugaan tersebut.

Protes ini baru disampaikan oleh peserta di satu rekapitulasi. Padahal untuk Madura masih ada tiga kabupaten lagi yang sampai pukul 23.30 belum dilakukan rekapitulasi. Tiga kabupaten itu adalah Bangkalan, Sumenep dan Sampang. Tiga kabupaten itu juga masih dinilai ruwet dan rentan protes.

Sebelumnya, Choirul Anam menyatakan, untuk empat kabupaten di Madura itu rentan protes. Jika sampai Kamis malam belum rampung, pihaknya (KPU Jatim) tak bisa memutuskan untuk bisa meneruskan esok harinya.

Ditegaskan Choirul Anam, pihaknya harus melakukan rapat pleno dengan Bawaslu Jatim apakah rekapitulasi itu bisa dilanjutkan Jumat (10/5/2019). Apalagi rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 KPU Jatim sudah dijadwalkan mulai 5-9 Mei 2019. (windhi/by)