Hari Terakhir Rekapitulasi Dijaga Ketat Kepolisian

Kamis, 09 Mei 2019 | 22.20 WIB

Hari Terakhir Rekapitulasi Dijaga Ketat Kepolisian

Petugas kepolisian dan kendaraan taktisnya berada di depan hotel tempat rekapitulasi KPU Jatim. (WIndhi/Centroone)


Centroone.com - Hari terakhir rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 kabupaten/kota di KPU Jatim dijaga ketat pihak kepolisian dan TNI, Kamis (9/5/2019). Penjagaan ini tak seketat pada hari pertama. Bahkan hari terakhir ini, personel yang diturunkan juga lebih banyak.

Ketatnya penjagaan ini disebabkan karena penghitungan terakhir itu untuk Kota Surabaya dan empat kabupaten di Madura. Sebelum ada rekapitulasi di tingkat Jatim, rekapitulasi di masing-masing daerah juga banyak masalah.

Lima wilayah ini memang sejak awal diprediksi berpotensi rusuh. Nyatanya, sampai petang, KPU Jatim telah berhasil melakukan penghitungan suara untuk KPU Kota Surabaya. Bahkan sampai malam ini sudah menyisakan penghitungan untuk dua kabupaten di Madura.

Salah satu petugas dari kepolisian mengatakan, jika pihaknya memang diturunkan untuk pengamanan rekapitulasi penghitungan suara KPU Jatim di Hotel Singgasana. "Lihat saja, banyak kendaraan taktis dan personel yang diturunkan. Beberapa tenda pasukan juga disebar di sekeliling hotel. Ada juga tenda dokkespol yang disiagakan," aku bintara berpangkat brigadir yang bertugas malam itu.

Malam itu, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho juga terlihat sidak memantau jalannya pengamanan rekapitulasi teraebut. Namun perwira tiga melati yang baru saja dilantik menggantikan Kombes Pol Rudi Setiawan ini enggan berkomentar. Dia sempat berkeliling hotel memantau jajarannya yang berjaga ketat di sekitar hotel. (windhi/by)