Diduga Bawa Malware, Aplikasi Populer Ini Didepak Dari Play Store

Kamis, 09 Mei 2019 | 16.00 WIB

Diduga Bawa Malware, Aplikasi Populer Ini Didepak Dari Play Store

ES File Explorer (ist)


Centroone.com - ES File Manager adalah salah satu aplikasi Android paling populer untuk memudahkan pengguna mengelola file. Akhir bulan lalu,aplikasi tersebut menghilang dari Google Play Store. 

Menurut laporan Android Police, menghilangnya aplikasi populer itu terkait dengan kebijakan baru Google terkait malware - dalam hal ini yang berbentuk Adware.  ES File Manager sendiri sebenarnya tidak menghilang tanpa peringatan.

Sebelumnya Google telah mencekal aplikasi dari DO Global - pengembang asal China yang ketahuan sering menyalahgunakan ijin dari Google Play Store serta pedoman yang diterapkan.  Mereka disebut memutar iklan tanpa seijin pengguna smartphone untuk mendapatkan impresi palsu. 

DO Global memiliki sekitar 100 aplikasi di Google Play Store sebelum dcekal oleh Google. Sementara ES File Manager berada di bawah pengembangan ES Global  - yang dimiliki DU Global - salah satu anak usaha DO Global. 

ES File Manager sendiri kurang lebih telah didownload 100 juta kali dengan rata-rata rating 4,6.  Bagi pengguna yang masih memiliki aplikasi ES File Manager dan ES Global disarankan untuk segera menghapus.  by