Alphabet Hadirkan Layanan Pengiriman Via Drone di Australia

Minggu, 14 Apr 2019 | 12.00 WIB

Alphabet Hadirkan Layanan Pengiriman Via Drone di Australia

layanan pengiriman via drone Wing (Wing.com)



Centroone.com - Alphabet - induk usaha Google - lewat divisi Wing menghadirkan pengiriman barang menggunakan drone.  Layanan yang sebelumnya telah berbulan-bulan diujicoba ini, dihadirkan dalam cakupan kecil yakni di sekitar 100 rumah di pinggiran kota Crace, Palmerston dan Franklin, di luar Canberra. 

Konsumen dapat memesan barang-barang kecil, seperti obat-obatan, kopi dan bahan makanan dari berbagai bisnis lokal setempat. Pesanan itu nantinya akan dikirimkan menggunakan Drone. 

Wing - seperti dilaporkan Engadget- mengatakan akan perlahan-lahan memperluas layanan ke lebih banyak lingkungan "dalam beberapa minggu dan bulan mendatang" dan "terhubung dengan lebih banyak bisnis lokal" untuk memperluas produk yang tersedia untuk dipesan.

Sejak bekerja sama dengan sejumlah jaringan toko lokal pada tahun 2017, Wing telah mengirimkan 3.000 paket ke rumah-rumah di Fernleigh Park, Royalla dan Bonython - tiga wilayah di selatan Canberra.    

Layanan ini disetujui oleh Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil pemerintah Australia (CASA). Di bawah izin, Wing dilarang menerbangkan drone sebelum pukul 07:00 antara Senin dan Sabtu dan 08:00 pada hari Minggu dan hari libur nasional. 

Perusahaan dapat terbang di atas rumah-rumah tetapi harus menghindari jalan-jalan utama seperti Barton Highway, Federal Highway dan Horse Park Drive. Namun, yang paling penting, Wing diizinkan untuk mengemudikan drone-nya lima meter di atas dan dua meter ke sisi orang sambil melakukan pengiriman - jarak yang jauh lebih pendek dari aturan 30 meter di Australia. Wing juga bersiap untuk meluncurkan layanan uji coba di Helsinki, Finlandia.   by