Mulai Lirik Produksi Kendaraan Listrik

Selasa, 09 Apr 2019 | 17.00 WIB

Mulai Lirik Produksi Kendaraan Listrik

Logo Foxconn (Foxconn)



Centroone.com - Google, Nokia, Lenovo, Xiaomi serta sejumlah merek lain menggantungkan produksi smartphone mereka pada pabrikan asal China, Foxconn.  Meski pasar smartphone masih sangat besar, dengan permintaan yang tinggi namun belakangan Foxconn - lewat FIH Mobile tengah melirik sektor lain yang sedang naik daun yakni mobil lain. 

FIH Mobile  - yang 62 persen sahamnya dikuasai Foxconn merupakan perusahaan yang  bertanggung jawab untuk produksi smartphone yang dikerjakan Foxconn.  FIH Mobile mengungkapkan bahwa mereka tidak lagi akan sepenuhnya berfokus pada smartphone, dan mengalihkan fokus ke kendaraan listrik. 

Nikkei melaporkan - ratusan insinyur dan karyawan lain dari divisi pengembangan smartphone Android telah dipindahkan ke sektor kendaraan listrik yang baru dibuka.  Menurut FIH Mobile - permintaan smartphone terus menurun, sementara permintaan produksi kendaraan listrik makin meningkat. 

Tidak hanya itu, peralihan fokus juga dilakukan untuk mengoptimalisasi perusahaan. Beberapa tahun lalu,  untuk mengatur produksi dua merek smartphone hanya butuh satu tim. Namun sekarang dengan smartphone makin beragam, diperlukan dua hingga tim untuk mengelola produksi sebuah mereka smartphone. 

Tahun lalu, Foxconn menghasilkan laba 90 persen dari produksi smartphone Android, tetapi juga kehilangan $ 857 juta.  Dari angka itu, Google disebut penyumbang terbesar keuntungan, sementara HMD Global sebaliknya.  by