Platform Sosmed Gerak Cepat Hapus Video Penembakan Masjid New Zealand

Jumat, 15 Mar 2019 | 22.00 WIB

Platform Sosmed Gerak Cepat Hapus Video Penembakan Masjid New Zealand

footage penembakan brutal di masjid New Zealand (istimewa)


Centroone.com - New Zealand digegerkan aksi penembakan brutal. Dua orang pelaku melepaskan tembakan ke arah jamaah Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, Christchurch, New Zealand yang tengah melangsungkan ibadah sholat Jumat.  

The Sun melaporkan - salah satu pelaku merekam aksi penembakan tersebut menggunakan kamera GoPro dan disiarkan langsung lewat sebuah halaman Facebook dengan nama Brenton Tarrant. 

Facebook pun bergerak cepat menghapus video penembakan brutal tersebut dari platform mereka.  Facebook telah mengkonfirmasi pada penegak hukum video itu dihapus. Hal sama juga berlaku pada akun Instagram dan Facebook dengan nama serupa. 

"Kami juga menghapus segala pujian atau dukungan untuk kejahatan dan penembakan serta pelaku penembakan setelah kami ketahui" kata Mia Garlick, juru bicara Facebook di New Zealand, seperti dilansir dari Engadaget.  Sementara itu, YouTube dalam sebuah cuitan mengatakan: " Harap diketahui, kami waspada untuk menghapus rekaman kekerasan." Twitter juga melakukan antisipasi dengan menghapus akun Twitter Brenton Tarrant  - akun yang digunakan untuk mengunggah foto senjata. 

Peristiwa yang terjadi pada Jumat,  pukul 1 siang waktu setempat itu dilaporkan menewaskan 49 orang dan melukai puluhan lainya.    by