40 Orang Tewas Dalam Penembakan Brutal 2 Masjid di New Zealand

Jumat, 15 Mar 2019 | 14.00 WIB

40 Orang Tewas Dalam Penembakan Brutal 2 Masjid di New Zealand

sosok pelaku penembakan brutal masjid di New Zealand (ist)


Centroone.com - New Zealand digegerkan aksi penembakan brutal. Dua orang pelaku melepaskan tembakan ke arah jamaah Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, Christchurch, New Zealand yang tengah melangsungkan ibadah sholat Jumat.  

Peristiwa yang terjadi pada Jumat,  pukul 1 siang waktu setempat itu dilaporkan menewaskan 40 orang dan melukai puluhan lainya.   

The Sun melaporkan - salah satu pelaku yang belakangan diketahui bernama Brenton Tarrant,   merekam aksi penembakan tersebut menggunakan kamera GoPro dan disiarkan langsung lewat sebuah halaman Facebook bernama Brentonn Tarrant. 

Dari pantauan video - yang kini telah dihapus - pelaku terdengar meneriakkan " mari kita mulai pestanya."  Dari video itu juga bisa terlihat pelaku mempersiapkan setidak tiga senjata laras panjang yang berisi tulisan-tulisan putih.   Pelaku juga terdengar meneriakkan  " Ingat, subscribe ke pewdiepie." 

Pelaku - warga Austalia - yang disebut berasal dari kelompok anti imigran dan white supremacist itu dilaporkan ditembak mati dalam sebuah pengejaran oleh polisi. 

Terkait penembakan brutal ini, Kepolisian New Zealand telah menangkap tiga pria dan satu wanita dimana satu diantaranya menggunakan rompi bunuh diri. Polisi juga menemukan dan menjinakkan sejumlah bom yang dipasang di mobil-mobil di sekitar lokasi penembakan.  by