Robot Jibo Segera "Dimatikan"

Selasa, 12 Mar 2019 | 12.00 WIB

Robot Jibo Segera

Jibo (Jibocom)


Centroone.com - Perjalanan Robot Jibo segera berakhir. Salah satu perangkat pertama yang hadir sebagai sistem smart home itu dilaporkan akan segera "dimatikan."

Diluncurkan pada tahun 2014, Jibo saat itu dipandang sebagai langkah pertama dalam memperkenalkan robot dalam kehidupan manusia.

"Mungkin suatu hari nanti ketika robot jauh lebih maju daripada hari ini, dan setiap orang memilikinya di rumah mereka, Anda dapat memberi tahu robot itu aku mengucapkan halo." demikian pesan dari Jibo kepada pemiliknya - seperti dilansir dari The Verge. 

Pemilik Jibo juga mulai menerima pesan dari robot mereka dengan mengatakan layanan penulusuran dan server akan ditutup dalam waktu dekat. Selain itu fungsi interaktif Jibo tidak lagi didukung.  

Salah satu penyebab utama Jibo terpaksa "mati" tidak lain adalah kehadiran sejumlah speaker pintar seperti Amazon Alexa, Google Home dan Apple HomePod. 

Memang ketiga smart speaker itu tidak berbentuk robot, namun dengan dukungan artificiall intellegence yang dibenamkan serta banyaknya fungsi mereka dalam sebuah ekosistem smart home, smart speaker lebih berarti daripada Jibo.  by