Bus Listrik Otonom Volvo Diujicoba di Singapura

Sabtu, 09 Mar 2019 | 18.00 WIB

Bus Listrik Otonom Volvo Diujicoba di Singapura

Bus Otonom Volvo (Volvo)


Centroone.com - Pemerintah Singapura adalah salah satu negara yang cukup agresif terkait kendaraan otonom tanpa sopir. Tidak hanya untuk penggunana pribadi, Singapura juga mengincar kendaraan otonom untuk kepentingan umum. 

Volvo baru-baru ini mengumumkan ujicoba bus listrik otonom mereka di Singapura bersama Nanyang Technological University (NTU). Bus 7900 Volvo Electric mampu membawa hingga 80 penumpang sekaligus.  

Sebuah kota mini yang dibangun di NTU untuk menguji keamanan sistem otonom  mendeteksi keberadaan pengguna jalan lain saat beroperasi. Sistem kamera 3D dan laser yang digunakan saat ini memiliki jarak pengukuran presisi hingga 1 sentimeter. 

Tidak hanya di kampus NTU,  bus otonom lain juga akan menjalani uji coba di sebuah depo bus yang dikelola oleh operator angkutan umum negara itu. 

Singapura menargetkan tiga wilayah di negara tersebut telah mengoperasikan kendaraan umum baik bus ataupun minivan otonom pada 2022. 

Bis yang diuji di NTU , karena menggunakan tenaga listrik  mengkonsumsi energi 80 persen lebih sedikit daripada bus diesel berukuran setara. 

NTU sendiri telah menjadi jantung dari eksperimen kendaraan otonom Singapura. Kampus itu bergabung dengan Volvo untuk mengembangkan 7900 pada awal 2018.  by