Konsumen Belum Percaya Toko Ritel Lindungi Data Pribadi

Minggu, 10 Feb 2019 | 16.00 WIB

Konsumen Belum Percaya Toko Ritel Lindungi Data Pribadi

ilustrasi (Zebra)



Centroone.com - Global Shopper Study tahunan yang ke-11 Zebra Technologies Corporation mengungkapkan  hanya 13% pembelanja yang disurvei sepenuhnya percaya pada toko ritel dalam melindungi data pribadi mereka, yang merupakan tingkat kepercayaan terendah di antara 10 industri yang berbeda. 

Sebanyak 73% pembeli yang disurvei memilih fleksibilitas untuk mengontrol bagaimana informasi pribadi mereka digunakan. “Penelitian kami mengungkapkan bahwa ekspektasi pembeli tengah meningkat,” tutur Jeff Schmitz, Senior Vice President and Chief Marketing Officer, Zebra Technologies. 

Lebih dari setengah pembeli (51%) percaya bahwa mereka lebih terkoneksi dengan smartphone mereka dibanding dengan karyawan toko. Para pebisnis ritel berinvestasi dalam teknologi terkini untuk menjembatani celah ini. Hampir 60% pelaku bisnis ritel berencana meningkatkan pengeluaran mereka untuk komputer mobile sebesar lebih dari 6% dan lebih dari seperlima pebisnis ritel (21%) berencana untuk mengeluarkan lebih dari 10% untuk tablet tahan banting selama tiga tahun ke depan.

Sedangkan di wilayah  Amerika Latin, Baik pembeli (59%) maupun karyawan toko (67%) percaya bahwa pembeli lebih terkoneksi dengan informasi konsumen dibandingkan dengan karyawan toko. Sebanyak 99% pembuat keputusan ritel di bidang IT percaya bahwa mereka memerlukan tool manajemen inventaris yang lebih baik untuk memastikan keakuratan.

Sementara di kawasan Amerika Utara Sebanyak 11% pembeli sepenuhnya mempercayai toko ritel dalam melindungi data pribadi mereka, yang merupakan level kepercayaan terendah dibandingkan industri vertikal lainnya yang disurvei, termasuk kesehatan, lembaga keuangan, dan perusahaan teknologi.

Hampir 7 dari 10  karyawan toko (68%) melaporkan bahwa label elektronik akan memberikan dampak positif bagi pengalaman pelanggan, dan 54% pembeli yang disurvei cenderung akan membaca label tersebut.

Laporan Global Shopper Study menganalisis sikap, opini, dan ekspektasi  4.725 pembeli, 1.225 karyawan toko ritel, dan 430 pembuat keputusan di industri ritel yang berasal dari Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Pasifik, Eropa, dan Timur Tengah yang diwawancarai pada bulan Oktober hingga November 2018 oleh Qualtrics.  by