Awas! Pakai OS Bajakan, Laptop/Komputer Baru Rentan Malware

Sabtu, 09 Feb 2019 | 18.00 WIB

Awas! Pakai OS Bajakan, Laptop/Komputer Baru Rentan Malware

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Banyak orang menganggap komputer atau laptop baru aman dari segala kerentanan virus atau malware. Jangan salah, rupanya meski laptop atau komputer baru keluar toko - bisa saja di dalamnya sudah terdapat malware atau virus. Hal itu berlaku pada laptop atau komputer baru dengan sistem operasi bajakan. 

Menurut penelitian Microsoft pada Oktober 2018 lalu di kawasan Asia Pacifik, Pada laptop atau komputer baru yang membawa sistem operasi bajakan, sistem diinstal dengan fitur keamanan ditutup untuk memungkinkan perangkat lunak melewati kode sistem operasi yang digunakan. 

Tidak hanya itu, 84 persen dari laptop/komputer yang menggunakan sistem operasi bajakan juga membawa berbagai jenis perangkat lunak jahat yang membahayakan keamanan digital  pemiliknya. 

Dalam penelitian ini, Microsoft menggelar Asia PC Test Purchase Sweep di beberapa negara di kawasan Asia Pasifik untuk menunjukkan berapa banyak komputer-komputer di toko yang menggunakan sistem operasi Windows bajakan untuk menurunkan harga komputer desktop dan laptop mereka. 

Menurut Microsoft, yang membeli 166 buah komputer dari toko-toko di sembilan negara, termasuk India, Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand and Vietnam, empat dari lima, ataupun 83 persen komputer yang dibeli oleh mereka menggunakan sistem operasi bajakan. 

Microsoft menyarankan bahwa konsumen yang membeli komputer dan laptop baru untuk memastikan  terbebas dari malware.  by