Teknologi SDM DIharapkan Bisa Pangkas Waktu Transaksi-Administrasi

Jumat, 08 Feb 2019 | 16.00 WIB

Teknologi SDM DIharapkan Bisa Pangkas Waktu Transaksi-Administrasi

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Peran teknologi dalam fungsi SDM semakin meningkat. Penelitian dari Alight Solution,  mengidentifikasi tren organisasi yang akan muncul pada di Asia Pasifik pada  2020. Dalam  The State of HR Transformation Study 2018-19, Alight mengungkapkan  67% organisasi akan memiliki setengah program pembelajarannya dengan video, dengan konten bite-sized, ketersediaan berdasarkan permintaan dan pembelajaran prediktif berbasis peran.

Setengah organisasi yang diteliti berharap sebagian besar (80%) dari transaksi SDM mereka diaktifkan melalui suara, dan hampir setengah (47%) perusahaan berharap setengah dari proses kerja mereka dilakukan dengan teknologi wearable. Lalu ada lebih dari setengah organisasi mengharapkan sebagian besar (80%) keputusan karyawan mereka didukung oleh analis.

“Fungsi SDM di organisasi Asia Paifik merupakan sebuah perjalanan untuk meminimalisasi waktu yang dihabiskan dalam melakukan transaksi dan administrasi untuk memberikan pengalaman karyawan yang unggul dan mendorong kerja sama bisnis yang memfasilitasi transformasi organisasi.” jelas Shaswat Kumar, Asia leader, HCM Solutions, Alight, dan co-author dari penelitian ini. 

Sementara itu 61% organisasi akan menerima sebagian besar (80%) feedback dari karyawan secara langsung dan setengah dari perusahaan akan menjalani proses manajemen kinerja oleh AI dan 63% dari organisasi mengatakan bahwa proses SDM mereka akan dijalankan secara mobile-first. 

“Perusahaan di Asia Pasifik menyadari bahwa fungsi SDM yang diberdayakan adalah kunci dari transformasi ini, dan hampir 75% dari perusahaan tersebut berencana meningkatkan pengeluaran untuk peningkatan kapabilitas SDM terutama dalam bidang analisis, kecerdasan digital dan fasilitas perubahan.” tambahnya. by