UFS 2.1 Ukuran 1TB Samsung Mulai Diproduksi Massal

Kamis, 07 Feb 2019 | 21.00 WIB

UFS 2.1 Ukuran 1TB Samsung Mulai Diproduksi Massal

Universal Flash Storage (eUFS) 2.1 kapasitas 1 TB Samsung (Samsung)


Centroone.com - Pertama kali memperkenalkan  penyimpanan berbasis Universal Flash Storage  (UFS) pertama, Samsung hanya menghadirkan kapasitas  128GB. Empat tahun berlalu,  Samsung Electronics, mengumumkan bahwa mereka telah mulai memproduksi secara massal embedded  Universal Flash Storage (eUFS) 2.1 kapasitas 1 TB, untuk digunakan dalam aplikasi mobile generasi mendatang. 

Dengan kehadiran eUFS terbaru ini,  pengguna smartphone akan segera dapat menikmati kapasitas penyimpanan yang sebanding dengan PC notebook premium, tanpa harus memasangkan ponsel mereka dengan kartu memori tambahan.

“eUFS 1TB  diharapkan memainkan peran penting dalam menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih mirip notebook ke  perangkat seluler generasi berikutnya,” kata Cheol Choi, wakil presiden eksekutif Memory Sales & Marketing di Samsung Electronics. 

"Terlebih lagi, Samsung berkomitmen untuk memastikan rantai pasokan yang paling dapat diandalkan dan jumlah produksi yang memadai untuk mendukung peluncuran smartphone unggulan mendatang yang tepat waktu dalam mempercepat pertumbuhan pasar ponsel global." tambahnya lagi. 

Dalam ukuran paket yang sama (11.5mm x 13.0mm),  eUFS  1TB menggandakan kapasitas dari versi 512GB sebelumnya dengan menggabungkan 16 lapisan memori flash V-NAND 512-gigabit (Gb) V-NAND terbaru. 

Nantinya pengguna smartphone sekarang dapat menyimpan 260 video 10 menit dalam format 4K UHD (3840 × 2160), sedangkan  eUFS 64GB yang banyak digunakan di banyak smartphone kelas atas saat ini hanya mampu menyimpan 13 video dengan ukuran yang sama.

eUFS  1TB  memungkinkan pengguna untuk mentransfer sejumlah besar konten multimedia dalam waktu yang sangat singkat. Dengan kecepatan hingga 1.000 megabita per detik (MB / dtk), fitur eUFS baru kira-kira dua kali lipat kecepatan baca sekuensial dari SSD 2,5-inci solid state drive (SSD). Ini berarti bahwa video full HD berukuran 5GB dapat dipindahkan ke SSD NVMe secepat lima detik,  10 kali kecepatan kartu microSD.

Selain itu, kecepatan baca acak telah meningkat hingga 38 persen dari versi 512GB, mencapai 58.000 IOPS. Penulisan acak adalah 500 kali lebih cepat daripada kartu microSD berkinerja tinggi (100 IOPS), mencapai hingga 50.000 IOPS.   by