Peneliti Suskes Buat Alat Peredam Dengkuran

Kamis, 07 Feb 2019 | 18.00 WIB

Peneliti Suskes Buat Alat Peredam Dengkuran

alat peredam dengkuran (Northern Illinois University)


Centroone.com - Perangkat Headphone dengan peredam suara luar atau bising sudah ada sejak lama.  Tidak hanya untuk memanjakan telinga saat mendengar musik, teknologi peredam bising ini belakangan dikembangkan sebagai sistem peredam suara dengkuran saat tidur oleh peneliti dari Northern Illinois University.

IEEE SPECTRUM melaporkan  - sistem peredam dengkuran ini terdiri dari mikrofon internal untuk mendeteksi tingkat kekuatan suara dengkuran.  

Dalam jurnal IEEE/CAA Journal of Automatica Sinica , yang memperlihatkan lebih lengkap desain sistem ini  berupa kotak (headboard) sistem suara  di atas bagian kepala kasur - yang menghasilkan amplitudo audio yang berlawanan untuk meredam suara dengkuran. 

Biasanya tingkat kebisingan hingga 35 dB dapat mengganggu tidur sementara suara dengkuran normal dapat mencapai 60 dB. Dengan sistem peredam mendengkur ini, suara mendengkur tidak sepenuhnya dihapus tetapi dikurangi menjadi 30 dB, sehingga tidak menggangu tidur, terutama bagi mereka yang tidur bersama pasangan. 

"Zona tenang terpusat ... jauh dari telinga mitra tidur pendengkur, menghasilkan pengurangan kebisingan yang lebih sedikit di sekitar telinga dan teman tidur pendengkur," katanya. "Apalagi headboardnya berat, tebal, dan tidak portabel." ujar Lichuan Liu dari Northern Illinois University.   Selain model headboard, peneliti juga membuat sistem yang berbentuk bantal namun dengkuran yang dihasilkan diredam lebih baik dengan headboard. 

Ke depan, Liu dan rekan-rekannya berencana untuk menggunakan teknik mesin pembelajaran (machine learning) untuk mengenali sinyal dengkuran yang mengindikasikan gangguan tidur, untuk tujuan penyaringan dan pemantauan yang lebih baik. by