30 Ribu Ilmuwan-Dokter Tolak Kehadiran Jaringan 5G

Selasa, 08 Jan 2019 | 13.00 WIB

30 Ribu Ilmuwan-Dokter Tolak Kehadiran Jaringan 5G

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Jaringan 5G bakal segera hadir tahun ini, dan sejumlah perangkat yang mendukung jaringan  telah beberapa kali mencuri perhatian. Namun tidak semua orang menyambut gembira kehadiran jaringan 5G tersebut.  Sekelompok ilmuwan baru-baru ini bersepakat untuk menolak kehadiran jaringan 5G. 

Setidaknya 30 ribu ilmuwan, dokter, dan organisasi lingkungan telah memberikan tanda tangan melalui situs web 5gspaceappeal.org. Dalam petisi, mereka meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk segera menghentikan pengembangan jaringan 5G. Mereka mengatakan bahwa jaringan tersebut mampu mengancam kesehatan manusia karena penggunaan radio frekuensi tinggi. 

"5G akan meningkatkan paparan frekuensi radio, lebih tinggi dari jaringan 2G, 3G dan 4G. Frekuensi radio terbukti berisiko bagi manusia dan lingkungan," kata mereka yang menandatangani petisi seperti dilansir DailyMail. 

Namun, WHO dalam tanggapannya menegaskan dengan banyak studi telah dilakukan selama dua dekade terakhir, belum ada bukti yang memperlihatkan bahaya akibat penggunaan ponsel.  

Dengan jaringan 5G, pengguna akan menikmati internet berkecepatan tinggi dan banyak manfaat lainnya. "Penggunaan 5G akan meningkatkan tingkat radiasi di bumi sehingga tidak ada yang bisa menghindarinya, di mana saja. Meskipun risiko dibantah, bukti bahaya radiasi telah terlihat dengan jelas," kata manajer kampanye, Arthur Firstenberg.   by