Wawali Pastikan Izin Proyek Pengembangan RS Siloam Dicabut

Senin, 07 Jan 2019 | 22.00 WIB

Wawali Pastikan Izin Proyek Pengembangan RS Siloam Dicabut

Wakil Wali Kota (Wawali) Surabaya Whisnu Sakti Buana (windhi/centroone)


Centroone.com - Wakil Wali Kota (Wawali) Surabaya Whisnu Sakti Buana memastikan izin pengembangan Rumah Sakit Siloam yang mengakibatkan amblesnya Jl Raya Gubeng telah dicabut. Tentunya jika investornya ingin kembali melakukan pembangunan proyek tersebut, maka harus lebih dahulu mengajukan izin dari awal.

Menurut WS, sapaan akrab wawali, dasar pencabutan izin pengembangan proyek RS Siloam karena adanya kesalahan teknis pembangunan yang telah dilakukan dalam pekerjaan itu. Namun ditambahkannya, pencabutan izin ini dipastikan tidak mempengaruhi iklim investasi di Surabaya, sebab pencabutan itu atas dasar kesalahan dari pihak pelaksana.
Dengan pencabutan itu, maka tak ada lagi pekerjaan di lokasi tersebut. Izin di lokasi itu dinolkan alias harus diurus ulang.

WS juga menegaskan, bahkan jika perizinan pembangunan proyek tersebut kembali dilakukan, tidak menutup kemungkinan untuk pembangunan basement tidak diberi izin. Izinnya pun harus menyesuaikan hasil evaluasi lebih detail.

Sementara terkait dugaan adanya mafia perizinan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian untuk melakukan pemeriksaan dan mengungkap jika menemukan adanya mafia perizinan.
WS menambahkan, pasca insiden ambruknya Raya Gubeng, pemkot akan meningkatkan pengawasan berkalanya, bisa dua bulan sekali dilakukan pengawasan pembangunan proyek-proyek di Surabaya. Selain itu juga akan memelototi pengajuan izin proyek pembangunan basement seperti apa perencananya hingga konstruksinya. (windhi/by)