Aplikasi Ini Mudahkan Anak Disabilitas Belajar Membaca

Minggu, 06 Jan 2019 | 17.00 WIB

Aplikasi Ini Mudahkan Anak Disabilitas Belajar Membaca

Aplikasi StorySign (Huawei)



Centroone.com - Anak-anak penderita disabilitas tunarungu dan tuna wicara mengalami tantangan tersendiri saat belajar membaca.  Dengan tidak terlalu banyak guru atau pengajar yang memahami bahasa isyarat, teknologi pun turun tangan. Dengan aplikasi StorySign, para pengajar bisa lebih mudah mengajar membaca.  

Dengan adanya aplikasi StorySign, pengajar cukup mengarahkan ponsel ke buku anak-anak tertentu dan aplikasi akan menggunakan AI untuk menerjemahkan kata-kata pada halaman.  Tidak hanya diterjemahkan biasa, tapi juga dibantu oleh sebuah avatar yang dibuat oleh Wallace dan Gromit's Aardman Animations. 

Selain membantu anak-anak disabilitas membaca,  StorySign juga dapat membantu orang tua dan pengajar memahami bahasa isyarat yang mereka butuhkan untuk kembali menceritakan buku tersebut  di lain waktu.  

Aplikasi dari Huawei ini sementara mendukung sepuluh bahasa isyarat (termasuk sebagian besar bahasa Eropa). Untuk saat ini pilihan bahasa dan buku sangat terbatas, dimana setiap bahasa saat ini hanya memiliki satu buku, dan fokus untuk bahasa Inggris. Namun kedepan koleksi buku bakal diupdate lebih banyak. 

Aplikasi ini gratis di Google Play dan AppGallery Huawei.  Meskipun dibuat Huawei, aplikasi ini bisa dipasang di setiap ponsel Android.  by