AI Mampu Kenali Objek Dalam Kegelapan

Minggu, 06 Jan 2019 | 14.00 WIB

AI Mampu Kenali Objek Dalam Kegelapan

Foto yang jadi bahan penelitian (MITNews)



Centroone.com - Mata manusia sulit untuk melihat ataupun mengidentifikasi objek dalam kegelapan total. Hal itu kini bisa dilakukan dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI).   Para ilmuwan MIT telah mengembangkan teknik dengan kecerdasan buatan untuk melihat objek dalam cahaya yang sangat rendah. 

Tim MIT melatih kecerdasan buatan untuk mencari pola transparan dalam gambar gelap dengan memberinya 10.000 gambar yang sengaja dibuat gelap, kasar dan tidak fokus diserta pola-pola gambar-gambar yang dibawanya. 

Engadget melaporkan,  teknik ini tidak hanya memberikan kecerdasan buatan ide tentang apa yang diharapkan, tetapi juga mengamati objek transparan yang tersembunyi dengan menghasilkan dalam apa yang sedikit cahaya hadir.   Berkat proses tersebut, sistem AI dapat menemukan dan mereproduksi objek tersembunyi dalam kondisi gelap serta terang. 

Menurut pihak MIT, meski teknologi ini bisa sangat membantu di dunia fotografi, namun mereka lebih tertarik memanfaatkannya di dunia medis. 

Dalam dunia medis sulit untuk menangkap detail-detail kecil dalam materi biologis tanpa membanjiri mereka dengan cahaya dan radiasi, yang berisiko merusak jaringan-jaringan itu.  Dengan teknik baru menggunakan kecerdasan buatan masalah tadi bisa dihindari dan ahli medis bisa mencitrakan jaringan pada tingkat cahaya yang jauh lebih rendah   by