#1Emas1Perpustakaan Lawan Rendahnya Minat Baca

Sabtu, 29 Sep 2018 | 06.00 WIB

#1Emas1Perpustakaan Lawan Rendahnya Minat Baca

Tanoto Foundation dan Eko Yuli Irawan foto bersama dengan guru dan para siswa SDN 011 Sering Barat (Centroone)



Centroone.com - Menurut riset World’s Most Literate Nation 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara yang disurvei dalam hal budaya baca. Sementara menurut riset UNESCO pada 2011, hanya 1 dari 1.000 orang Indonesia yang rajin membaca.

Sebagai wujud peduli Tanoto Foundation terhadap rendahnya minat baca masyarakat Indonesia organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto proyek pengembangan perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri 011 Sering Barat, Pangkalan Kerinci, Riau.

Peresmian yang dilakukan Sabtu, (22/09/2018) lalu itu merupakan bagian dari Program #1Emas1Perpustakaan, yang masih rangkaian kegiatan dukungan Tanoto Foundation terhadap Asian Games 2018 yang lalu.  Melalui program ini, Tanoto Foundation akan mengembangkan 31 perpustakaan di sekolah mitra, sesuai dengan jumlah emas yang diraih oleh atlet Indonesia dalam ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.

“Program #1Emas1Perpustakaan merupakan wujud Tanoto Foundation untuk turut merayakan keberhasilan atlet Indonesia dalam Asian Games 2018, juga sebagai komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hari ini, kami meresmikan perpustakaan pertama yang telah kami perbaiki di SDN 011 Sering Barat, Pangkalan Kerinci, Riau, yang juga menjadi awal dari pengembangan perpustakaan di 30 sekolah mitra lainnya. Selaras dengan filosofi Tanoto Foundation, kami percaya bahwa pendidikan yang berkualitas akan mempercepat munculnya kesetaraan peluang,” ujar J. Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

Turut hadir dalam peresmian perpustakaan tersebut atlet peraih medali emas cabang olahraga angkat besi Asian Games 2018 Eko Yuli Irawan untuk berbagi inspirasi dengan siswa-siswi SDN 011 Sering Barat. Eko Yuli Irawan akan bercerita tentang perjuangan dan pengalamannya menjadi atlet berprestasi tingkat dunia.

Tanoto Foundation telah menjalankan kegiatan kampanye peningkatan minat dan kemampuan membaca anak-anak Indonesia sejak 2010. Melalui kegiatan ini, Tanoto Foundation telah merenovasi dan membangun perpustakaan di 186 sekolah, mendonasikan lebih dari 32.000 buku, dan melatih lebih dari 1.800 guru dalam mengelola perpustakaan diwilayah pedesaan di Provinsi Riau, Jambi, dan Sumatera Utara. by