Ditjen Pembendaharaan-Bank BRI Raih Penghargaan Red Hat Innovation Awards APAC

Jumat, 28 Sep 2018 | 14.00 WIB

Ditjen Pembendaharaan-Bank BRI Raih Penghargaan Red Hat Innovation Awards APAC

Pemberian penghargaan Red Hat Innovation Awards APAC 2018 kepada Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan (Centroone)



Centroone.com - Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), (Bank BRI) meraih penghargaan Red Hat Innovation Awards APAC  dalam hal penggunaan solusi Red Hat. Penghargaan diberikan dalam kesempatan Red Hat Forum Jakarta, Indonesia.  (27/09/2018).  Pemenang dipilih berdasarkan nilai bisnis dan dampak yang dihasilkan oleh penerapan teknologi Red Hat.

“Open source digunakan oleh perusahaan di seluruh kawasan Asia Pasifik untuk membantu mengatasi tantangan di era digital. Red Hat Innovation Award APAC merayakan perusahaan-perusahaan yang telah berhasil mengubah infrastruktur TI mereka untuk memenuhi permintaan pelanggan baru, mempercepat inovasi, dan mendorong hasil bisnis. Selamat untuk pemenang tahun ini; kami berharap dapat terus membantu perusahaan berinovasi dengan cara open source. " ujar  Dirk-Peter van Leeuwen, senior vice president and general manager, APAC, Red Hat.

Ditjen Perbendaharaan  meraih penghargaan dalam kategori Modern Application Development and Digital Transformation. Penghargaan Modern Application Development diberikan sebagai pengakuan atas kinerja keseluruhan perusahaan atau organisasi dalam menciptakan, memelihara, dan menjalankan aplikasi bisnis yang sukses melalui penggunaan metodologi yang memiliki agilitas tinggi.

Salah satu aplikasinya, SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), digunakan untuk tujuan manajemen keuangan dan pelaporan oleh pemerintah, kementerian, dan militer, dengan lebih dari 7.100 pengguna.  Pada tahun 2020, Ditjen Perbendaharaan memproyeksikan 384.000 pengguna - lebih dari 54 kali basis pengguna saat ini. Untuk mendukung pertumbuhan itu secara lebih baik, Ditjen Perbendaharaan bermigrasi dari JBoss AS 7.1, proyek server aplikasi Java EE 6-compliant di hulu dan berbasis komunitas, ke Red Hat JBoss Enterprise Application Platform (JBoss EAP), untuk dukungan perusahaan dan SLA. 

“SAKTI adalah aplikasi pertama yang kami jalankan di platform container dan banyak divisi lain dalam kementerian yang ingin sekali melihat hasilnya. Dengan pertumbuhan yang diharapkan tinggi dalam penggunaan aplikasi, kami sama-sama ingin melihat penggunaan yang pertama sukses. Kami senang bermitra dengan Red Hat dalam perjalanan ini dan berharap dapat membawa lebih banyak manfaat bagi para stakeholder kami. ” tutur Sudarto, Ph.D., Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan. 

Ditjen Perbendaharaan juga menjalankan Red Hat OpenShift Container Platform untuk membantu mendukung berbagai contoh aplikasinya dan Red Hat Satellite untuk membantu mengelola patching untuk sistem operasinya. Saat ini, tim ini mampu menjalankan dan menskalakan dengan cepat melalui penggunaan Linux containers, sehingga lebih menghemat waktu, meningkatkan efisiensi, dan mempercepat pelayanan kepada para stakeholder-nya.

Sementara itu Bank BRI meraih penghargaan dalam kategori Cloud Infrastructure and Digital Transformation. Sebagai  bank komersial tertua di Indonesia dan terbesar menurut aset, pinjaman, dan simpanan  Bank BRI meminta Red Hat membantu mereka mengembangkan hybrid cloud platform yang dapat menyajikan agilitas bisnis yang diperlukan. 

Dengan menggunakan Red Hat Cloud Suite dan dukungan dari Red Hat Consulting, Bank BRI mampu dengan cepat membangun dan menjalankan aplikasi-aplikasi secara lebih cepat ke pasar. Kategori Cloud Infrastructure memberikan pengakuan pada hybrid cloud publik, privat, dan terbuka yang kolaboratif sementara kategori Digital Transformation diberikan sebagai pengakuan pada perusahaan yang berhasil menghadapi tantangan TI dan menghasilkan nilai bisnis untuk bersaing secara efektif sebagai perusahaan digital.

“Dengan Red Hat Cloud Suite, Bank BRI memperoleh keuntungan agilitas dan perbedaan dalam layanan internal dan eksternal kami. Kami merasakan efektivitas dan efisiensi yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Kami juga percaya bahwa dengan Red Hat Cloud Suite, kami dapat mengatasi persaingan dan menjadi pemimpin dalam kompetisi perbankan digital.” ujar Indra Utoyo, managing director, Information Technology and Operation BRI. 

Sebagai bagian dari seri kegiatan Red Hat Forum APAC yang berlangsung di 11 kota, pemenang dari Red Hat Innovation Awards APAC 2018 akan diumumkan di tiap kota. Tiap event akan memberikan pengakuan pada maksimal dua proyek pemenang, perusahaan dan lembaga pemerintahan didorong untuk berpartisipasi. by