Paripurna Desak Cairkan Gaji Ke-13

Selasa, 25 Sep 2018 | 00.27 WIB

Paripurna Desak Cairkan Gaji Ke-13

Sesaat sebelum digelar rapat paripurna. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Rapat paripurna DPRD Surabaya, Senin siang (24/9/2018), membahas pencairan gaji ke-13. Hal ini berdasar usulan pimpinan sidang Ir Armuji. Awalnya, paripurna itu akan membahas pandangan umum fraksi terkait perubahan anggaran keuangan APBD 2018.

Saat itu Armuji meminta pencarian gaji ke-13 ikut dibahas dalam sidang paripurna yang dihadiri Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Akhirnya rapat paripurna diskors untuk memberi kesempatan rapat pimpinan DPRD, rapat pejabat terkait Pemkot dan rapat masing masing fraksi. 

Hadir dalam rapat kilat pejabat eksekutif tersebut Wawali Whisnu Sakti Buana, Sekkota Hendro Gunawan, Eri Cahyadi selaku Kepala Bappeko dan Noer Oemarijati Kepala Bagian Perlengkapan. Sekitar 10 menit, akhirnya rapat paripurna dibuka kembali oleh Armuji.

Perwakilan fraksi diminta untuk membacakan hasil rapatnya terkait gaji ke-13. Ternyata semua fraksi meminta gaji 13 segera dicairkan dalam waktu dekat.
Fraksi Partai Golkar, sesuai hasil rapat internal fraksi meminta dalam dua hari ini gaji ke-13 segera dicairkan.
Sutadi, Ketua Fraksi Partai Gerindra minta agar gaji ke-13 dipertimbangkan untuk segera dicairkan karena sudah dianggarkan di APBD. "Kami minta selain untuk PNS gaji ke-13 ini juga diberikan kepada para pegawai outsourching," ujar politisi Partai Gerindra ini.

Sedangkan Naniek Zulfiani Ketua Fraksi Handap minta segera dilakukan pembayaran gaji ke-13 dan tunjangan kinerja yang disesuaikan. Fraksi PAN, Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi PKS intinya juga sama, gaji 13 segera dicairkan.

"Sesuai aturan yang berlaku termasuk Perda 10 tahun 2017 tentang APBD 2018 yang telah menganggarkan gaji 13 segera dicairkan karena ini merupakan hak 14.432 PNS. Kami minta dua hari ini sudah cair," ujar Reni Astuti dari Fraksi PKS.

Yang menarik, ketika Fraksi PKB dipersilahkan untuk menyampaikan hasil rapat fraksinya, beberapa saat tidak ada anggota yang mau menyampaikan pendapat. Akhirnya Masduki Toha menunjuk perwakilan PKB untuk segera menyampaikan hasil rapatnya.
"Fraksi PKB sudah ada ketua fraksi yang baru, saya sebagai sekretaris mewakili menyampaikan mendukung pencairan gaji 13 agar segera cair," kata Camelia Habibah.

Setelah semua fraksi menyampaikan pendapatnya, minus fraksi PDI Perjuangan, Ketua DPRD Surabaya Armuji segera menindaklanjutinya dengan membuat surat keputusan. "Saya kira segera dicairkan dalam tempo secepat-cepatnya. Kita akan keluarkan surat keputusan DPRD Surabaya secepatnya," tegas Armuji.
Wawali Whisnu Sakti Buana sesaat setelah rapat singkat dengan para stafnya juga memberikan angin segar untuk pencairan gaji ke-13 ini. "Saya kira bisa dicairkan gaji ke-13, tidak termasuk tunjangan kinerja," ujarnya. (windhi/by).