Jack Ma Baru Akan Pensiun Tahun Depan

Jumat, 14 Sep 2018 | 12.00 WIB

Jack Ma Baru Akan Pensiun Tahun Depan

Jack Ma (AlibabaGroup)


Centroone.com - Pekan lalu, jutawan China Jack Ma dilaporkan memutuskan mundur dari dunia bisnis.  Kabar tersebut tidak sepenuhnya benar karena Jack Ma baru akan pensiun pada tahun 2019 nanti. 

Jack Ma, seperti dilaporkan SCMP - akan pensiun pada 10 September 2019.  Waktu setahun itu akan digunakan Jack Ma untuk melakukan regenerasi kepimpinan, dengan  CEO Alibaba saat ini, Daniel Zhang, akan menggantikannya sebagai Chairman. 

Jack Ma bakal tetap menjadi anggota dewan Alibaba hingga rapat umum tahunan perusahaan e-commerce terbesar Cina tersebut pada 2020.  Jack Ma sendiri sebelumnya melepaskan perannya sebagai chief executive pada 2013.Sementara di situs Alibaba sendiri, Jack Ma tercantum sebagai Executive Chairman.  Sementara Daniel Zhang menjabat sejak 2015,  setelah sebelumnya bertindak sebagai chief operating officer (COO) Alibaba. 

Jack Ma dengan kekakayaan hampir USD 39 Miliar itu, setelah pensiun akan fokus menjadi seorang filantropis, terutama di bidang pendidikan. Apa yang dilakukan Jack Ma mengikuti jejak  Bill Gates, yang juga menjadi filantropis kemanusiaan setelah pensiun dari Microsoft pada 2014. 

Pendidikan jadi fokus baru Jack Ma karena latar belakangnya - yang pernah mengajar sebagai guru bahasa Inggris. Sebelum berkarir bersama Alibaba, Jack Ma juga adalah seorang ahli bahasa Inggris dan perdagangan internasional di Universitas Hangzhou Dianzi. by