Lalat Terbang Dengan Panduan Sinar Matahari

Selasa, 11 Sep 2018 | 20.00 WIB

Lalat Terbang Dengan Panduan Sinar Matahari

Ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Lalat buah mungkin hanya memiliki otak kecil sebesar biji bunga,namun sistem navigasi mereka cukup kompleks karena  rupanya lalat buah menggunakat posisi matahari untuk membantu mereka terbang. Hal itu terungkap dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology.

Menurut para ahli, di dalam otak lalat tersebut terdapat sel-sel kompas khusus yang dikenal sebagai Drosophila. Tanpa sel ini, lalat akan berakhir terbang tanpa henti dalam lingkaran. 

"Untuk lalat yang melintasi wilayah yang tidak ramah, terbang berputar-putar akan sangat berbahaya - mereka cenderung tidak menemukan makanan atau air," kata Ysabel Giraldo, penulis utama studi sekaligus sarjana postdoctoral di California Institute of Technology seperti dilansir dari The Register. 

Para peneliti melakukan eksperimen dengan 'simulator penerbangan' -berupa sebuah kotak tertutup dengan serangkaian lampu LED. Ketika salah satu lampu dinyalakan, lalat mengarahkan tubuh ke arah lampu dan mulai mengepakkan sayapnya. Mereka mematikan lampu dan menyalakan lampu yang sama dan menemukan bahwa makhluk itu masih bisa mengingat posisi yang sama beberapa jam kemudian.

Untuk melihat menguji sel kompas di otak lalat tersebut, para peneliti memodifikasi neuron yang berpendar jika diaktifkan. Selanjutnya, mereka dengan hati-hati menusuk lubang kecil ke kepala lalat dan menggunakan mikroskop untuk menemukan bahwa sel-sel kompas mulai bergerak ketika serangga mulai terbang.

"Agak mengherankan menemukan bahwa lalat kecil yang terbang di sekitar mangkuk buah dan gelas anggur memiliki kapasitas untuk bernavigasi selama bermil-mil dengan bantuan matahari," kata Michael Dickinson, rekan penulis sekaligus seorang profesor bioteknologi. dan aeronautika di Caltech.

Tim tersebut berharap bisa mempelajari neuron kompas secara lebih rinci untuk mengetahui bagaimana lalat buah mempertahankan ingatan dan menggunakan matahari untuk bernavigasi.by