Jutawan Penghobi Pungut Sampah Dipuji Warga

Selasa, 11 Sep 2018 | 16.00 WIB

Jutawan Penghobi Pungut Sampah Dipuji Warga

Ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Saat jutawan lain punya hobi koleksi mobil mewah dan properti, jutawan asal China ini justru berbeda. Alih-alih barang mahal, Zhong Congrong - jutawan asal Chongqing, China ini justru hobi memungut sampah. Bahkan pria 52 tahun itu punya julukan "jutawan pengoleksi sampah." 

Sang jutawan mulai sering memungut sampah di jalan-jalan di kampung halamannya tiga tahun lalu, setelah ia dan keluarganya mengunjungi provinsi Hainan, selatan China pada  perayaan Imlek. Saat itu,  Zhong bertemu dengan seorang pensiunan profesor universitas dan dilaporkan telah mengumpulkan sampah dari salah satu pantai setempat setiap hari, selama empat tahun. 

Zhong yang terinpirasi dengan hal tersebut, turut melakukan hal serupa di kampung halamannya. Awalnya apa yang dilakukan jutawan memiliki bisnis real estat, dealer mobil, dan beberapa pabrik pengolahan material dipandang miring dan bahkan disebut dilakukan untuk mencari perhatian.  Keluarganya juga sempat malu. 

Namun selang beberapa waktu kemudian, melihat dampak positif dari apa yang dilakukan sang jutawan, masyarakat mulai memuji dan mendukung.  Bahkan istrinya sekarang berkampanye untuk 'anti-limbah' dan akan memarahi siapa pun yang terlihat membuang sampah di jalan.

"Apakah kita adalah tempat sampah atau pengumpul sampah itu tidak ada hubungannya dengan gelar akademik, latar belakang budaya, usia, atau status sosial-ekonomi," kata Zhong kepada the Sixth Tone pada bulan Desember 2017.

Saat mengumpulkan sampah, Zhong sering terlihat mengenakan T-shirt oranye dengan  slogan 'anti-limbah.' Dia juga mengenakan denda 10 yuan pada karyawannya jika mereka membuang sampah di tempat kerja. by