Bangun 2 Aplikasi Android Khusus Untuk China ?

Minggu, 19 Ags 2018 | 06.00 WIB

Bangun 2 Aplikasi Android Khusus Untuk China ?

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Google pernah terusir dari China. Namun dengan China merupakan salah satu pasar teknologi terbesar dunia, Goolge disebut-sebut bakal kembali ke China dengan platform lain.  Selama ini sendiri di China, untuk mesin pencari Baidu lebih populer. 

The Intercept melaporkan, Google sedang membangun mesin pencari dan aplikasi Android khusus untuk penggunaan rakyat Cina, dimana mesin pencari tersebut akan menyaring hasil pencarian sesuai dengan apa yang diterapkan di China. 

Aplikasi Android ini, yang dinamakan Maotai dan Longfei akan menarik informasi penyaringan dari perangkat lunak Great Firewall yang digunakan untuk menyaring internet di China, dan menggunakan informasi tersebut untuk ditampilkan di dalam pencarian Google di China. 

Pencarian-pencarian yang dilarang tidak akan ditampilkan di halaman pencarian, dan Google akan menunjukkan informasi bahwa beberapa hasil pencarian telah disaring berdasarkan instruksi pemerintah Cina. Di antara contoh yang diberikan adalah hasil pencarian dari BBC dan juga Wikipedia. Aplikasi Maotai dan Longfei juga dikatakan mendekati versi lengkap mereka, dan dikatakan tersedia untuk diunduh oleh perangkat Android di China dalam waktu dekat.  

Aplikasi Maotai dan Longfei, menurut The Intercept hanya diketahuii sekelompok kecil dari pengembang di Google. Sementara  kebanyakan dari keputusan yang dibuat tentang proyek ini hanya diketahui oleh eksekutif-eksekutif tertinggi perusahaan tersebut. by