Diperbaiki Sepekan, Panas Ekstrim Lelehkan Aspal Jalanan Ini

Senin, 09 Jul 2018 | 16.00 WIB

Diperbaiki Sepekan, Panas Ekstrim Lelehkan Aspal Jalanan Ini

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Cuaca panas yang ekstrem di Australia menyebabkan aspal meleleh dan merusak ban sejumlah mobil.  Insiden itu terjadi pada Selasa pekan membuat sebagian besar pemilik mobil dan pengendara sepeda motor mengeluhkan ban mereka tertutup tar cair.

BBC melaporkan bahwa insiden itu diyakini diakibatkan perubahan cuaca yang semakin panas. Peristiwa aspal yang meleleh itu dilaporkan terjadi pada jalanan yang baru seminggu diperbaiki. 

Walikota setempat Joe Paronella mengaku terkejut dengan laporan tersebut.   "Saya belum pernah melihat ini terjadi dan tidak percaya setelah menerima laporan kemarin," kata Paronella kepada ABC.

Insiden itu menyebabkan jalan yang terletak di Atherton Tableands di selatan Cairns untuk sementara waktu  tidak bisa digunakan.   Sementara itu, Departemen Transportasi dan Jalan Utama (TMR) mengatakan jalanan itu baru diaspal dan rusak karena hujan, lalu cuaca panas yang ekstrim menyebabkannya mencair. 

"Ini menggabungkan dua faktor yang menjadi penyebabnya. Kami mengalami cuaca ekstrem di Jalan Malanda Millaa Millaa, cuaca lembab dan efek singkat dari cuaca panas kemarin menyebabkan insiden itu, "kata Direktur Distrik Sandra Burke.  by