Jadi Model Pesan Kesehatan di Bungkus Rokok, Dadang Tuntut Kejelasan

Rabu, 25 Jul 2018 | 16.00 WIB

Jadi Model Pesan Kesehatan di Bungkus Rokok, Dadang Tuntut Kejelasan

Foto yang jadi sumber kontroversi (Centroone)


Centroone.com - Masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang perokok selama beberapa tahun terakhir tentu tidak asing dengan gambar pesan kesehatan di setiap kemasan rokok.  Salah satunya yang berisi pesan untuk tidak merokok di dekat anak-anak. ""merokok dekat anak berbahaya bagi mereka"demikian isi pesan tersebut. 

Meski mungkin sudah sangat sering terlihat namun tahukah siapa sebenarnya sosok dalam gambar itu ? 

Teka-teka itu pekan ini terjawab. Seorang pria bernama Dadang Mulya (42)  asal Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mengaku sebagai sosok pria yang ada dalam gambar tersebut.

Menurut Dadang foto tersebut diambil enam tahun lalu saat tengah menonton bola di kampungnya. Foto diambil oleh sosok pria dari sebuah mobil, saat difoto Dadang memang tengah merokok. 

Kini, Dadang memprotes dan meminta royalti terkait foto tersebut. Sebelumnya,Dadang mengaku sempat curhat ke teman-temannya terkait hal itu, namun diabaikan karena teman-temannya merasa foto itu bukan dirinya. Dadang - mengikuti saran dari pihak Desa membawa masalah ini ke  Polsek Pancalang, yang kemudian diantar mengadu ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kuningan terkait royalti.  

Dadang merasan pemasangan foto itu tanpa seizin darinya. "  Meminta kejelasan foto ini, apakah ada royalti atau tidak?  Saya merasa dirugikan  karena foto tersebut tanpa izin saya," kata Dadang.  bbs