Bandara Internasional Bakal Mudahkan Liburan ke Mentawai

Minggu, 22 Jul 2018 | 02.00 WIB

Bandara Internasional Bakal Mudahkan Liburan ke Mentawai

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabanggalet menyampaikan sambutan di perhelatan Mentawai Night 2018 (Centroone)


Centroone.com - Kepulauan Mentawai dengan potensi wisata besar, tengah mempersiapkan diri untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).    Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabanggalet  menuturkan nantinya di KEK akan ada perpaduan antara  modern dan ciri khas Mentawai.  

"Permainan , suvenir-suvenir lokal. Dan juga bandara internasional.  Nantinya kalau ada bandara internasional, wisatawan dari luar negeri seperti dari Singapura dan Malaysia bisa langsung ke Mentawai, tidak perlu singgah ke Padang. Seperti Bali , tidak perlu ke Jakarta langsung ke Bali.  Kalau sudah keluar rekomendasi Presiden lewat dewan KEK dan kementerian koordinator ekonomi tahun depan kita mulai pembangunan bandara " tambah Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabanggalet. 

KEK pariwisata Mentawai, nantinya bisa memberikan dampak besar bagi perkembangan dan pertumbuhan di Mentawai, terutama dari sektor ekonomi. 

"Kami sangat berharap KEK di Mentawai.  Saat ini Mentawai adalah wilayah terluar dan termiskin di Sumatra Barat.  Nanti dengan adanya KEK - itu (termiskin) tidak ada lagi. KEK memberi kesempatan penyerapan tenaga kerja besar, akan sangat membantu dengan signifikan.  " tutur  Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai Desti Seminora di sela perhelatan Mentawai Night 2018, di atrium Pakuwon Mall, Sabtu (21/7/2018).

Sejumlah persiapan KEK digenjot, mulai dari persiapakan SDM sampai infrastruktur. Salah satunya dengan mengirim putra-putri daerah untuk belajar dan menimba pengalaman di kampus dan universitas terbaik di Pulau Jawa. 

"Pengembangkan SDM dilakukan lewat mengirim putra daerah kuliah ke kampus terbaik. Pembangunan jalan dilakukan, seperti Trans Mentawai untuk mendukung,  Telekomunikasi dan bandara, semua dipersiapkan untuk mendukung KEK. Investor dan pemerintah saling membantu. Infrastruktur di KEK dibangun investor, sementara untuk infrastruktur pendukung di sekitar KEK akan dibangun pemerintah pusat dan daerah.  " tambah Desti lagi.  by