Pencabutan Embargo,Ini Syarat dan Denda AS ke ZTE

Jumat, 29 Jun 2018 | 06.00 WIB

Pencabutan Embargo,Ini Syarat dan Denda AS ke ZTE

logo ZTE (ist)



Centroone.com - ZTE diminta membayar denda USD 1,7 miliar ke Amerika Serikat , sebagai syarat untuk bisa mengimpor kembali software dan hardware dari negara tersebut. 

Seperti diketahui Amerika Serikat melarang penjualan produk buatan AS ke ZTE selama tujuh tahun. Embargo tersebut membuat ZTE KO dan terpaksa menghentikan sementara bisnis peralatan telekomunikasi mereka termasuk ponsel pintar. 

Belakangaa berkat campur tangan Donald Trump,  Amerika Serikat setuju untuk menarik cekal impor namun dengan beberapa kondisi yang harus diikuti. Selain denda besar ini, mereka harus mengubah struktur manajemen perusahaan dan menempatkan petugas penegak hukum AS untuk memantau bisnis pembelian dan penjualan mereka.  

Sebelumnya selain tidak dapat membeli prosesor Intel dan Qualcomm, mereka juga dihadapkan dengan ancaman tidak lagi bisa menggunakan sistem operasi Android.  

Menurut laporan, embargo penjualan produk AS ke ZTE dicabut setelah diskusi antara perwakilan AS dan Cina. Cina telah sepakat untuk menurunkan tarif impor mobil dan membeli lebih banyak produk pertanian dari Amerika Serikat sebagai ganti pencabutan embargo ZTE.  

" Presiden Xi, dan saya, bekerja sama untuk memberi perusahaan raksasa Cina, ZTE, cara untuk kembali berbisnis, secepatnya. Terlalu banyak pekerjaan di Cina yang hilang. Departemen Perdagangan telah diperintahkan untuk menyelesaikannya" tukas Trump seperti dilansir dari CNET.

Instruksi ini diyakini diberikan untuk menghindari perang dagang antara dua negara adidaya ini. Sebelumnya, Amerika Serikat memberlakukan berbagai tarif baru di China karena perjanjian perdagangan dikatakan tidak adil ke negara mereka.   by