Nama Jalan Berubah-Gedung Tidak Berubah, IMB Langsung Diganti

Senin, 25 Jun 2018 | 19.33 WIB

Nama Jalan Berubah-Gedung Tidak Berubah, IMB Langsung Diganti

Ery Cahyadi (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Sidak Pansus Raperda Perubahan Nama Jalan DPRD Kota Surabaya sudah melihat langsung permasalahan di lapangan, khususnya di kawasan Jl Dinoyo dan Jl Gunungsari.

Dari sidak itu diketahui ada beberapa tempat yang terdampak dan harus dilakukan perubahan surat administrasi bangunannya. Tak hanya itu, banyak pula surat yang tentu harus berubah, seperti surat kepemilikan kendaraan bermotor, surat bank dan lainnya.

Namun terkait masalah surat bangunan, ditegaskan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya Ery Cahyadi menegaskan, Pemkot Surabaya sudah tanggap akan hal itu. Pihaknya sudah melakukan pendataan kepada bangunan milik warga di sepanjang kawasan itu.

Disampaikan Ery, melalui Pansus Raperda itu tujuannya untuk menyamakan persepsi karena ada perbedaan di awalnya. Namun Pansus juga sudah mendatangkan para ahli atau tenaga ahli.

“Tenaga ahli itu lalu menyampaikan tentang sejarahnya seperti apa dan lainnya. Ini menyangkut kondisi jalan yang ada,” ungkap Ery.

Karena itu diketahui jika Jl Gunungsari yang akan diubah jalannya diketahui memiliki panjang mulai tol Gunungsari sampai traffic light Brawijaya hanya 2 Km saja. Sementara di Jl Dinoyo yang terdampak perubahan nama jalan itu hanya sepanjang 200 meter saja.

“Terkait IMB, ketika tak mengalami perubahan struktur maka secara otomatis Pemkot Surabaya akan menggantinya. Saat ini kita sudah meng-collect seluruh IMB yang terjadi perubahan nama jalan. Jadi warga yang tak melakukan perubahan struktur pada bangunannya tak perlu mengusulkan apapun, IMB-nya langsung diganti. Di Dinoyo ada sekitar 35 bangunan dan di Gunungsari ada 200 lebih yang terdampak,” ujar Ery. (windhi/by )