Kembali Langsing Usai Libur Lebaran

Rabu, 20 Jun 2018 | 14.00 WIB

Kembali Langsing Usai Libur Lebaran

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Libur panjang Lebaran membuat berat badan Anda naik drastis.

Maklumlah usai puasa sebulan, Anda mendadak dijejali oleh makanan-makanan khas Idul Fitri yang nikmat. Tak hanya itu, kue-kue manis Lebaran juga menggoda untuk tidak dicicipi.

Bila tak pandai mensiasatinya dan mengembalikan berat badan semula, maka diet yang sudah lama Anda lakukan rasanya percuma saja. Nah, berikut cara melangsingkan kembali berat badan Anda usai libur panjang.

Yang perlu dicari penyebabnya adalah, kenapa berlibur berat badan pun ikut naik. Baju kerja mendadak sempit setelah kembali dari berlibur. Naiknya berat badan saat masa liburan karena beberapa faktor.

Yang paling mempengaruhi tentu saja pesta kuliner. Parahnya makanan yang kita asup kebanyakan tidak sehat, misalnya berlemak dan sebagainya. Selain makanan, kurang gerak juga bikin berat badan kita naik.

Bila berat badan sudah terlanjur naik, maka segera setelah libur usai buatlah komitmen untuk menurunkan berat badan. Yang harus kita ketahui, masalah yang terjadi adalah kelebihan kalori yang disimpan dalam bentuk lemak.

Kelebihan 500 kkal setiap hari akan menambah 0,5 kg seminggu. Target penurunan berat badan adalah menurunkan jumlah lemak. Penurunan lemak memang sangat sulit. Maksimal kita bisa menurunkan 0,5 kg/minggu dari lemak.

Berarti sebulan 2 kg lemak. Lebih dari itu, kemungkinan terbesar adalah pemecahan otot. Bila kita tidak makan, maka tubuh akan kekurangan kalori. Seperti yang disebut di atas.

Yang menjadi masalah adalah bila orang tersebut tidak berolahraga, maka energi yang diperlukan oleh tubuh adalah dari cadangan gula otot. Bila cadangan gula otot habis dalam waktu beberapa belas jam, maka terjadilah pemecahan protein.

Bila orang berolahraga dengan sistem aerobik, maka sesudah setengah jam bergerak, tambah ending, tubuh mulai menggunakan cadangan lemak. Makin panjang waktu ber-aerobik, makin banyak lemak bisa terbakar.
NEXT