Kecerdasan Buatan-Teknologi Pemindai Wajah Bantu Lancarkan Penerbangan

Rabu, 13 Jun 2018 | 13.00 WIB

Kecerdasan Buatan-Teknologi Pemindai Wajah Bantu Lancarkan Penerbangan

ilustrasi (pexels)


Centroone.com - Penundaan penerbangan terkadang menjadi suatu hal yang menyebalkan. Terutama bagi para penumpang yang memiliki janji penting dan harus tiba tepat waktu.   

DIlaporkan Channel News Asia - di Bandara Internasional Changi, Singapura sistem pengenalan wajah telah mulai digunakan untuk memasukkan tas, mendapatkan tiket masuk dan melewati loket imigrasi. Setiap wajah penumpang telah disimpan dalam sistem.  Belakangan muncul rencana untuk menggunakan sistem pengenalan wajah untuk menemukan penumpang yang terlambat 

Dalam sistem itu, CCTV dapat memindai semua wajah individu di terminal untuk menemukan orang terlambat sebelum staf dikirim untuk "menjemput" mereka ke pesawat.

Selain itu kecerdasan buatan juga akan digunakan untuk memprediksi penundaan pesawat.   Data kecepatan angin, suhu dan arah penerbangan memungkinkan pengaturan dilakukan sekaligus memprediksi apakah pesawat akan terlambat atau tidak dua jam sebelum jadwal. 

Sebelumnya perkiraan penerbangan yang tertunda hanya mungkin dilakukan 30 menit sebelum waktu take off. Dengan perkiraan yang tepat manajemen penumpang, bagasi dan operasi bandara akan lebih lancar. by