Tato Jadi Penyelamat Nyawa Wanita Ini

Senin, 11 Jun 2018 | 18.00 WIB

Tato Jadi Penyelamat Nyawa Wanita Ini

tato milik Siri-on Kasuya (TheNation)


Centroone.com - Kebanyakan orang menorehkan tato di tubuh sebagai penanda atau sekedar sebagai bentuk karya seni. Tapi bagi wanita ini, tato adalah penyelamat hidupnya.

Tidak sekedar tato biasa, di lengan atas wanita tersebut terdapat daftar obat-obatan dalam bahasa Inggris yang bisa ia terima atau tidak menimbulkan dampak negatif pada dirinya yang mengidap penyakit alergi berat terhadap obat-obatnya. 

Siri-on Kasuya, 32, dari distrik Hang Dong, Chiang Mai itu juga memiliki ilustrasi Bowl of Hygieia, simbol farmasi  di lengannya, untuk mengingatkan dokter jika terjadi keadaan darurat. Wanita tersebut sempat menghabiskan dua malam dalam perawatan intensif setelah reaksi alergi berat terhadap obat-obatan. 

Alergi obat yang dialaminya menyebabkan situasi yang mengancam jiwa pada Oktober lalu dan dia tidak ingin mengambil risiko kambuh. Ia tidak peduli jika tato itu menarik tatapan di jalan dan foto-foto mereka beredar di media sosial, di mana beberapa orang bertanya-tanya apakah mereka adalah jimat magis.

"Jika sesuatu terjadi pada saya dan saya tidak sadar dan tidak dapat memberikan informasi, dokter dapat melihat dari tato lengan saya daftar obat-obatan yang saya alergi dan  mengobatinya dengan sesuai," katanya. " Aku menganggap tato ini sebagai jimatku untuk perlindungan." 

Siri juga mengatakan membawa kartu peringatan di dompetnya, seperti yang sering dilakukan oleh penderita alergi, mungkin tidak cukup, Siri-on mengatakan dia mengagumi tato teman dan memutuskan untuk pergi dengan sesuatu yang lebih praktis - dan mungkin bahkan menyelamatkan jiwa. by