Spotify Bakal Bayar Royalti USD 112.55 juta ke Musisi

Kamis, 31 Mei 2018 | 14.00 WIB

Spotify Bakal Bayar Royalti USD 112.55 juta ke Musisi

Spotify (pixabay)



Centroone.com - Spotify dan penerbit musik akhirnya mencapai kata sepakat terkait  dua tuntutan hukum yang mengklaim Spotify tidak memberikan royalti yang cukup atas karya mereka yang distreamingkan di Spotify.  

Spotify digugat David Lowery, seorang advokat hak musisi dari band Camper Van Beethoven, serta penulis lagu dan pemilik bisnis Melissa Ferrick.  Gugatan keduanya yang kemudian disatukan, menyebut Spotify telah gagal memberikan royalti yang tepat untuk pekerjaan penulis lagu, dengan Ferrick menuduh perusahaan itu  " melakukan pelanggaran hak cipta grosir".

Spotify dan penggugat setuju pada angka USD 112.55 juta, dimana USD 43.55 juga akan dibayar tunai.   "Kombinasi bantuan keuangan dalam waktu dekat dan masa depan, bersama dengan manfaat non-keuangan yang disediakan, merupakan kompensasi yang signifikan," kata Hakim Alison Nathan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir  The Hollywood Reporter. 

Spotify masih harus menghadapi dua gugatan hukum hak cipta lainnya, masing-masing dari anggota pendiri Four Seasons, Bob Gaudio, dan penerbit musik Country Bluewater Music Services Corporation.  by