Distribusi Surat Suara Ke Kabupaten/Kota Mulai Berjalan

Senin, 28 Mei 2018 | 23.55 WIB

Distribusi Surat Suara Ke Kabupaten/Kota Mulai Berjalan

Dewita menunjukan contoh surat suara Pilgub Jatim bersama ketua KPU Jatim dan sekretaris KPU Jatim. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Sejak 15 Mei, KPU Jatim sudah menjalankan tahapan pendiatribusian surat suara ke 38 kabupaten/kota di Jatim. Bahkan daerah kepulauan yang masuk di kawasan Gresik dan Madura, justru pendistribusiannya lebih awal. Hal lantaran faktor geografis karena sulitnya menjangkau kawasannya. Selain itu agar saat pelaksanaan Pilgub Jatim pada 27 Juni, pencoblosan di daerah kepulauan juga bisa terlaksana serentak.

Disampaikan Dewita Hayu Shinta, Komisioner KPU Jatim Divisi Umum, Keuangan dan Logistik saat mendampingi Ketua KPU Jatim Eko Sasmito dan sekretaris KPU Jatim, distribusi logistik surat suara sejumlah DPT ditambah 25 persen per TPS dimulai 15 Mei. "Distribusinya dilakukan ke 38 kabupaten/kota. Kini sudah 66 persen terkirim atau sebanyak 29.725.855 surat suara. Kini hanya tersisa atau masih dalam proses kirim sebanyak 12 kabupaten/kota. Proses kirim itu sampai 30 Mei atau sebanyak 10.218.147 lembar surat suara atau 34 persen," beber Dewita Hayu.

Sementara dari laporan yang masuk, daerah kabupaten/kota yang sudah menerima surat suara, saat ini sudah menjalani proses sortir dan lipat. Dengan begitu jika ada kerusakan bisa segera dilaporkan dan akan ada penggantian. "Kita tunggu sampai 6 Juni terkait laporan surat suara yang rusak," tambah Dewita.

Pengadaan surat suara, tinta, stempel dan hologram ini untuk lelangnya diselenggarakan KPU RI melalui e-Catalog. Untuk surat suara lelangnya dimenangkan PT Pura Barutama dari Kudus. Sementata untuk kotak TPS hingga ATK pengadaannya dilakukan KPU Kabupaten/Kota masing-masing.

Terkait keamanan pendistribusian surat suara, KPU Jatim berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Tak hanya surat suara saja, tinta untuk bukti telah mencoblos juga sudah tersebar ke 21 kabupaten/kota. Untuk formulir dan hologram kini juga sudah naik cetak.

"Surat suara ini sudah beberapa kali proses dan sudah disetujui pasangan calon dan Bawaslu serta KPU Jatim. Ditargetkan, seminggu sebelum pemungutan, surat suara sudah ada di seluruh kecamatan," janji Dewita. (windhi/by)