Kuda Purba Utuh Berbulu Meski 3000 Tahun Terkubur

Rabu, 16 Mei 2018 | 15.00 WIB

Kuda Purba Utuh Berbulu Meski 3000 Tahun Terkubur

ilustrasi Kuda (Pixabay)


Centroone.com - Pada 2011 lalu para arkeolog dan sejarawan memulai eksplorasi piramida yang berada di sepanjang Sungai Nil.  Semula para arkeolog berharap akan menemukan banyak sisa-sisa manusia di Mesir Kuno untuk mengungkap sejarah kehidupan awal.

Meskipun belum menemukan fosil manusia kuno - arkeolog menemukan fosil lain yang tidak kalah menakjubkan. Di Tombos, Sudan arkeolog menemukan  fosil kuda masih dalam kondisi baik dan diperkirakan berusia 3.000 tahun. Live Science melaporkan fosil kuda itu ditemukan dalam sebuah makam. Berukuran 1,5 meter kuda itu ditemukan masih memiliki bulu kaki meski tubuhnya sudah menjadi kerangka.

Profesor Antropologi Universitas Purdue, Michele Buzon, mengatakan fosil diyakini telah dikubur  oleh orang-orang Mesir yang sengaja dimakamkan sebagai penghormatan karena telah melayani manusia. 

Hewan itu ditugaskan untuk menarik kereta , dengan arkeolog menemukan salah satu potongan besi paling awal yang digunakan di Afrika pada  kuda tersebut. "Berdasarkan posisi fosil yang ditemukan, kuda ini sengaja dimakamkan untuk 'beristirahat' setelah menyelesaikan tugasnya," kata Michele Buzon. Melalui uji radiokarbon yang dilakukan, kuda itu dikonfirmasi dikubur sejak 949 SM.

Secara historis, Tombos adalah daerah yang dihuni oleh orang Nubia selama masa pemerintahan Mesir Kuno.  Sebelumnya, para arkeolog menemukan kompleks makam dengan kapel dan piramida di tanah dan tanda yang mengarah ke beberapa ruang bawah tanah. Mereka juga menemukan empat ruang pemakaman yang berisi 200 fosil yang dikubur dengan tembikar, peralatan dan barang-barang dekoratif.  by