Baru Ketahuan, Spectre New Generation Lebih Berbahaya

Senin, 14 Mei 2018 | 17.00 WIB

Baru Ketahuan, Spectre New Generation Lebih Berbahaya

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Intel bekerja keras untuk memperbaiki kerentanan Spectre dan Meltdown yang terungkap awal tahun ini. Usaha Intel bakal menjadi lebih sulit setelah setidaknya delapan kerentanan Spectre baru telah ditemukan. Celah baru ini bahkan disebut lebih berbahaya  dari celah sebelum ini karena  pertama kali ditemukan.

Kehadiran Spectre baru ini, diberi nama Specter New Generation, atau Spectre NG dilaporkan oleh Heise, sebuah situs teknologi dari Jerman, dan mereka juga menyatakan bahwa Intel sadar akan kerentanan baru ini.

Dilaporkan bahwa ada delapan kerentanan NG Spectre, dengan empat diantaranya diberi rating serius oleh Intel. Perusahaan pembuat prosessor itu mengaku akan bekerja keras untuk memastikan bahwa semua kerentanan ini diperbaiki sesegera mungkin.

Dilaporkan TechSpot - Rincian teknis tentang kerentanan Spectre NG ini masih belum diketahui secara jelas namun modus serangannya hampir mirip dengan Spectre sebelum ini, dan lebih buruknya, ia dapat membahayakan komputer-komputer server cloud karena kerentanan Spectre NG ini dapat digunakan untuk melihat data yang sedang dikirim dan membobol cloud. 

Menurut laporan Heise, selain dari CPU, beberapa CPU ARM juga ditemukan berpotensi memiliki kerentanan ini. Laporan itu sendiri tidak menyebutkan CPU AMD memiliki masalah yang sama. Intel mengatakan mereka akan berbagi lebih banyak info tentang Spectre NG ini di masa mendatang.  by