Kolaborasi Pemerintah dan e-Commerce Genjot UMKM Digital Bermutu

Minggu, 29 Apr 2018 | 15.00 WIB

Kolaborasi Pemerintah dan e-Commerce Genjot UMKM Digital Bermutu

Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm (Tengah) bersama para pembicara di Festival Penjual Online Nasional. (Centroone)



Centroone.com - Dihadiri oleh ribuan UMKM online dan offline, Festival Penjual Online Nasional adalah acara pendidikan tentang e-Commerce berskala nasional pertama yang diselenggarakan oleh Lazada Indonesia. Acara ini merupakan bagian dari upaya strategis Lazada untuk membantu UMKM dan pelaku bisnis di Indonesia meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan usaha online mereka.

Menurut Dra. Mariam Fatima Barata, Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika  kolaborasi strategis antara pemerintah dan penyedia platform bisnis online seperti Lazada sangat penting untuk menggenjot angka pelaku usaha UMKM digital bermutu. 

“Dengan target 8 juta UMKM Go Digital di tahun 2020, kami ingin agar para pelaku UMKM menjadi pemain utama dalam perkembangan ekonomi digital yang ada di Indonesia. Kami menghargai upaya Lazada untuk menciptakan kesempatan lebih bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Dengan semakin banyak UMKM yang berperan aktif dalam ekonomi digital ini, mereka dapat turut berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan di daerah setempat dan mewujudkan pertumbuhan perkonomian yang lebih merata di seluruh Indonesia” tukas Dra. Mariam Fatima. 

Sementara itu, Menteri Koperasi & UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengharapkan kedepan event edukatif yang menghasilkan UMKM dan wirausahawan yang berdaya saing tinggi bisa kembali diadakan. 

“Kami menghargai inisiatif Lazada untuk meningkatkan daya saing UMKM. Kami berharap lebih banyak lagi ajang edukatif seperti ini agar dapat menghasilkan UMKM dan wirausahawan yang berdaya saing tinggi. Sehingga dalam waktu dekat, UMKM kita tidak hanya bisa mengembangkan usaha ke seluruh pelosok negeri namun juga menjangkau pasar internasional. Untuk itu, saya himbau rekan-rekan pelaku UMKM agar tidak ragu dalam mencoba menjalankan bisnis online dengan cermat”. tuturnya.  by