Robot Vera, Robot "HRD" Bertugas Seleksi Pelamar Kerja

Minggu, 29 Apr 2018 | 18.00 WIB

Robot Vera, Robot

Robot Vera (Strafory)



Centroone.com - Penggunaan robot merambah ke dunia penerimaan tenaga kerja.   Robot bernama Vera dikembangkan oleh perusahaan Strafory yang berbasis di St Petersburg. 

Menurut laporan Bloomberg, perusahaan ini menggunakan Vera untuk merekrut pekerja kantoran untuk posisi seperti juru tulis, pelayan, dan tukang bangunan. Vera memilih resume yang sesuai dari lima portal lowongan dan kemudian menghubungi kandidat untuk mewawancarai dan memberi tahu mereka tentang pekerjaan yang diterapkan melalui telepon atau obrolan video.

Robot ini mampu membuat daftar pendek hingga 10 persen dari kandidat yang memenuhi syarat dan dapat mengurangi biaya perekrutan oleh pihak ketiga dengan kemampuan untuk mewawancarai ratusan pelamar pada saat yang sama. 

"Banyak perusahaan sering membuang waktu memanggil kandidat yang tidak lagi tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan atau tidak tersedia. Jadi kami mengembangkan robot ini untuk membantu perusahaan menjalankan tugas secara otomatis," kata pendiri Strafory, Alexander Uraksin kepada Bloomberg.

Vera hadir dengan kemampuan pengenalan suara tingkat lanjut menggunakan kombinasi teknologi pengenalan suara dari Google, Amazon, Microsoft, dan Yandex.  Vera menggunakan 13 miliar contoh bahasa dan pidato dari televisi, Wikipedia, dan daftar pekerjaan untuk memungkinkan mereka berbicara dan memahami beberapa frasa dengan mudah. by