Pemerintah Kaji Rencana Masa Berlaku Paspor 10 Tahun

Kamis, 26 Apr 2018 | 10.00 WIB

Pemerintah Kaji Rencana Masa Berlaku Paspor 10 Tahun

ilustrasi pasport (ist)



Centroone.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemkumham)  tengah mengkaji masa berlaku paspor dari lima tahun menjadi 10 tahun. 

Setiap tahun - menurut Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie,  terjadi kenaikan 15% sampai 20% pemohon paspor baru dan perpanjangan. Sepanjang 2017 lalu. 

 “Ini (perpanjangan masa berlaku paspor) tengah kita kaji. Harapan saya tahun ini sudah ada keputusan,” ujar Ronny baru-baru ini. 

Ronny menambahkan Ditjen Imigrasi juga terus  berupaya mempermudah layanan pembuatan maupun perpanjangan paspor bagi warga negara Indonesia. Untuk mengurangi antren pembuatan paspor baru, Ditjen Imigrasi akan menggandeng PT Pos Indonesia dengan membuka pendaftaran pembuatan paspor di tingkat kecamatan.   Sebelumnya, Ditjen Imigrasi juga sudah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam pengiriman paspor.  

Selain itu, mulai awal tahun ini -  Ditjen Imigrasi juga sudah membuka layanan e-pasport baik untuk pembuatan paspor baru maupun perpanjangan secara online. “Untuk perpanjangan bahkan hanya perlu membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan paspor lama saja,” ujar Ronny.  bbs