Mau Awet Muda? Sering-Seringlah Bersepeda!

Sabtu, 31 Mar 2018 | 21.00 WIB

Mau Awet Muda? Sering-Seringlah Bersepeda!

ilustrasi bersepeda (Pixabay)



Centroone.com - Studi ilmuwan Inggris menemukan aktivitas bersepeda dapat memperlambat efek penuaan dan 'meremajakan' sistem kekebalan tubuh.  Para ilmuwan melakukan tes terhadap 125 pengendara amatir berusia antara 55 dan 79 dan membandingkannya dengan orang dewasa sehat dari kelompok usia yang tidak berolahraga secara teratur.

Penemuan menunjukkan bahwa pengendara sepeda mempertahankan massa otot dan kekuatan dengan usia sambil mempertahankan kadar lemak dan kolesterol yang stabil. Yang lebih menarik lagi, efek anti penuaan aktivitas bersepeda juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Organ yang dikenal sebagai timus yang menghasilkan sel kekebalan yang disebut sel T biasanya mulai menyusut setelah usia 20 tahun, namun organ antihipertensi pada rider tua ditemukan menghasilkan banyak sel T seperti anak muda.

University of Birmingham Institute of Peradangan dan Penuaan, Profesor Janet Lord mengatakan bahwa temuan tersebut adalah bukti kuat yang mendorong orang untuk berolahraga secara teratur sepanjang hidup mereka agar tetap sehat.

"Kegiatan bersepeda memberikan banyak manfaat bagi kesehatan individu. Mayat mereka diizinkan melewati usia lebih optimal, terbebas dari penyakit yang biasanya disebabkan oleh masalah yang tidak aktif. "Jika latihan bersepeda keluar dari rutinitas harian mereka, tingkat kesehatan mereka mungkin akan menurun," jelasnya.

Para pesepeda pria yang berpartisipasi dalam penelitian ini harus mengendarai 100 kilometer di bawah 6,5 jam, sementara wanita berusia 60 kilometer dalam waktu 5,5 jam. Kelompok non-latihan terdiri dari 75 orang sehat berusia antara 57 dan 80, dan 55 orang dewasa muda berusia antara 20 dan 36 tahun. Penelitian tersebut dilaporkan dalam dua makalah yang dipublikasikan di jurnal Aging Cell. by