Selain Bahasa Indonesia, Ini Yang Baru di Google Maps

Jumat, 30 Mar 2018 | 14.00 WIB

Selain Bahasa Indonesia, Ini Yang Baru di Google Maps

Google Maps (Google)



Centroone.com - Sejak dikenalkan 14 tahun lalu, tepatnya tahun 2004 lalu, Google Maps hanya mendukung Bahasa Inggris.  Kini dengan lebih dari 1 miliar pengguna dari berbagai negara menggunakan aplikasi Google Maps, aplikasi ini turut mengembangkan diri.  

Pekan ini, Google secara resmi memberikan dukungan 39 bahasa baru- termasuk Indonesia di Google Maps.  Sebelumnya, pengaturan bahasa memang bisa dilakukan tapi harus dilakukan lewat pengaturan perangkat, dan bukan pengaturan aplikasi.  Pilihan bahasa Indonesia di Google Maps ini hadir di aplikasi mobile dan desktop (browser), untuk platform Android dan iOS, Mac, dan Windows.

Selain bahasa Indonesia, bahasa lain yang turut ditambahkan ke Google Maps adalah Afrika, Albania, Amharic, Armenia, Azerbaijan, Bosnia, Burma, Kroasia, Czech, Denmark, Estonia, Tagalog, FInlandia, Georgia, Hebrew, Islandia, Kazakhtan, Khmer, Kyrgyz, Lao, Latvia, Lituania, Makedonia, Melayu, mongolia, Norwegia, persia, Rumania, Serbia, Slovak, Slovenia, Swahili, Swedia, Turki, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam, dan Zulu. 

" Kami membuat Google Maps lebih bermanfaat dengan menambahkan dukungan untuk 39 bahasa baru untuk pengguna 1,25 miliar orang di seluruh dunia," tulis Google dalam sebuah pernyataan resmi. 

Sementara itu selain dukungan bahasa, sebelum ini Google Maps juga memudahkan pengguna baik saat mengemudi mobil, jalan kaki, sepeda motor, serta kursi roda.  Untuk rute khusus sepeda motor, fitur yang hadir bulan itu akan menyertakan rute berisi jalan-jalan pintas berukuran kecil yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Selain itu, Google Maps juga tidak akan menyertakan jalur melewati jalan tol yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. 

Selain itu, Google Maps juga mampu mengindentifikasi ruas jalan ganjil-genap di DKI Jakarta serta keberadaan car free day  di ruas jalan tertentu di sebuah kota dan memberikan rute alternatif pada pengguna.  Fitur ini bisa dipakai di 30 kota di Indonesia. bbs